oleh

PT DLU Sedang Mengkaji Permintaan Pemkab Melayani Rute Kalianget-Kangean

PortalMadura.Com, Sumenep – Menyikapi usulan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur soal permintaan melayani kembali lintasan Kalianget-Kangean, kini PT Dharma Lautan Utama (DLU) sedang melakukan kajian secara matang usulan itu.

“Kami sudah menyampaikan surat permintaan dari Pemkab itu ke PT DLU pusat di Surabaya, untuk dilakukan kajian dan dievaluasi,” ungkap Kepala Cabang PT Dharma Lautan Utama (DLU) Kalianget, Wiweko Agung, Rabu (10/12/14).

Ia memaparkan, keputusan disetujui atau tidaknya permintaan Pemkab untuk kembali melayani lintasan Kalianget-Kangean merupakan kewenangan PT DLU Pusat.

“Kami hanya sebatas memberikan data sebagai pertimbangan. Hitung-hitungannya dibahas di kantor pusat,” paparnya.

PT DLU pernah menjadi salah satu operator di lintasan Kalianget-Kangean dengan mengoperasionalkan Kapal Motor Penumpang (KMP) Dharma Kartika. Namun tahun 2006, PT DLU mundur sebagai operator lintasan tersebut dengan beberapa pertimbangan.

“Salah satu pertimbangannya yakni harga tiket yang dinilai tidak ekonomis,” terangnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep pada 29 November 2014 melayangkan surat permintaan kepada PT Dharma Lautan Utama untuk berpartisipasi melayani rute Kalianget-Kangean, dengan mengoperasikan kembali 1 armada kapal jenis ro-ro ke lintasan tersebut.

Permintaan itu merupakan tindak lanjut rekomendasi DPRD tentang pelayanan transportasi laut, mengingat sering terjadi kekosongan lintasan, apabila salah satu kapal rusak atau docking tahunan dan tidak ada kapal pengganti. (arif/htn)


Komentar