PT Garam Abaikan Garam Rakyat, Petani ‘Wadul’ Dewan

Avatar of PortalMadura.Com
PT Garam Abaikan Garam Rakyat, Petani 'Wadul' Dewan
Audiensi

PortalMadura.Com, Sumenep – Aliansi Masyarakat Sumenep, Madura, Jawa Timur mengeluhkan yang tidak melakukan penyerapan terhadap garam rakyat.

Padahal, PT Garam sudah mendapatkan anggaran dari pemerintah sebesar Rp300 miliar dan didalamnya dianggarkan untuk penyerapan garam rakyat.

“Sampai sekarang PT Garam tidak melakukan penyerapan terhadap garam rakyat. Padahal sudah ada anggarannya,” kata koordinator aliansi masyarakat garam rakyat Sumenep,  H Ubaidillah, Rabu (6/4/2016).

Menurutnya, selain tidak melakukan penyerapan, PT Garam juga tidak mensosialisasikan berapa dari Rp300 miliar itu untuk penyerapan garam rakyat.

“Kami hanya mendengar dari berita adanya anggaran untuk penyerapan garam rakyat itu. Ada yang mengatakan Rp220 miliar, ada yang bilang Rp204 miliar,” ucapnya.

Masyarakat garam rakyat juga mengaku kesulitan menembus PT Garam meski hanya untuk audiensi. Padahal pihaknya sudah berkirim surat ke PT Garam terkait, tapi belum diberikan kesempatan.

“Makanya, saat ini kami mau bertemu dewan agar dewan bisa menfasilitasi kami agar bisa bertemu dengan PT Garam,” tegasnya.

Ia menginginkan, PT Garam secara transparan melakukan sosialisasi terkait aturan dan anggaran yang dikucurkan pemerintah untuk penyerapan garam rakyat.

“Tolong lah berikan informasi secara transparan kepada petani garam rakyat, berapa anggarannya untuk penyerapan garam rakyat,” pintanya.

Saat ini, harga garam rakyat ditingkat petani kisaran Rp400-450 ribu per ton. Sedangkan di pembeli di Surabaya kisaran Rp600 ribu per ton.

“Tapi kalau dikirim ke Surabaya kan harus mengeluarkan ongkos angkut juga,” katanya. (arifin/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.