oleh

Puluhan Desa di Pamekasan Tanpa Kepala Desa

PortalMadura.Com, Pamekasan – Puluhan Desa di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, tidak memiliki Kepala Desa (Kades) definitif, lantaran masa jabatannya habis sebelum pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak akhir Tahun 2019.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Pamekasan, Muttaqin mengungkapkan, tercatat sekitar 40 desa yang tidak memiliki Kades definitif tersebut. Desa-desa itu diisi oleh penjabat (Pj) Kades untuk mengisi kekosongan kepemimpinan di tingkat desa.

“Ada sekitar 40 desa, saat ini posisinya diduduki Penjabat (Pj). Pj itu diisi oleh Aparat Sipil Negara (ASN) setempat,” katanya, Kamis (23/5/2019).

Menurutnya, ASN yang diangkat Pj tidak harus dari Kantor Kecamatan, melainkan bisa diangkat dari ASN desa setempat yang mengetahui tentang Pemerintahan Desa.

Baca Juga : Ini Dugaan Motif Massa Bakar Polsek Tambelangan Sampang

“Penjabat Kades bagi desa yang masa jabatan Kades-nya selesai jauh sebelum pelaksanaan Pilkades, karena tidak boleh ada kekosongan pimpinan di desa itu,” tandasnya.

Tahun 2019, ada sebanyak 93 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak. Pilkades serentak Tahun ini adalah yang terbanyak melaksanakan Pilkades. Karena pada Pilkades serentak Tahun 2015 tercatat ada 71 desa dan Tahun 2017 hanya 13 desa.

“Sekarang kami sedang perencaan pelaksanaanya, selesai lebaran kami akan mulai sosialisasi ke desa-desa,” tutup dia.


Penulis: Marzukiy
Editor : Agnes Hafilda Kusuma

Komentar