Punya Masalah dengan Rambut yang Selalu Gatal? Ketahui Penyebabnya Disini!

Avatar of PortalMadura.Com
Punya Masalah dengan Rambut yang Selalu Gatal? Ketahui Penyebabnya Disini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Rambut adalah bagian tubuh yang bisa disebut dengan mahkota . Akan tetapi mahkota ini sering juga mengalami masalah, misal salah satunya mengenai rasa gatal yang berlebihan.

memang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Kemungkinan Anda juga akan malu jika terus menggaruk-garuk kepala diwaktu yang tidak tepat. Sebenarnya, yang gatal tersebut bukanlah rambutnya melainkan kulit kepala yang apabila digaruk akan semakin gatal.

Lantas, kenapa kulit kepala sering gatal? Ketahui penyebabnya dibawah ini agar rambut Anda lebih sehat dan terawat.

Sering Mencuci Rambut
Jarang dan terlalu sering mencuci rambut bisa menjadi penyebab utama kulit kepala menjadi gatal. Jadi, seharusnya Anda bisa mengatur jadwal tersendiri kapan waktu yang tepat harus mencuci rambut dan kapan kulit kepala dibiarkan untuk istirahat.

Ketombe
Ketombe juga bisa menjadi salah satu faktor umum gatalnya kulit kepala. Penyebabnya, bisa karena paparan suhu ekstrem, infeksi kulit ringan, dan sel sebaceous yang terlalu aktif di kulit kepala sehingga memproduksi sebum terlalu banyak dan memicu munculnya ketombe.

Infeksi Kulit
Infeksi kulit yang terjadi akibat tidak cocoknya pewarna rambut, sampo, kondisioner, hair spray, dan produk perawatan rambut lainnya dapat menyebabkan infeksi kulit yang mempengaruhi kondisi kepala menjadi gatal.

Psoriasis
Psoriasis adalah penyakit kulit kronis yang dapat menyebabkan kulit bersisik dan kemerahan. Biasanya hal ini terjadi akibat disfungsi sistem kekebalan tubuh yang disebabkan oleh faktor lingkungan atau keturunan.

Infeksi
Infeksi jamur dan bakteri menjadi penyebab utama dari kegatalan rambut, biasanya jamur yang menginfeksi menyebabkan sel-sel kulit bersisik menyerupai ketombe yang terasa gatal. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.