Rasanya Mantap, Ini Dia Cara Bikin Sempol Ala Rumahan

Avatar of PortalMadura.com
Rasanya Mantap, Ini Dia Cara Bikin Sempol Ala Rumahan
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan jajanan yang baru-baru ini populer di kalangan masyarakat. Camilan yang berasal dari daerah Malang ini terbuat dari campuran daging ayam dan tepung yang ditusuk dengan menggunakan tusukan sate yang berukuran besar.

Rasanya yang sangat gurih dan enak membuat sempol digandrungi banyak orang, mulai dari anak-anak sampai dewasa. Tidak heran, jika banyak pedagang kaki lima yang menjual camilan ini di pinggir jalan.

Nah, daripada Anda masih membelinya, lebih baik membuatnya sendiri di rumah. Selain terjamin kebersihannya, dijamin rasanya tidak akan jauh berbeda dari biasanya. Berani coba?.

Berikut beberapa langkah membuatnya:

Bahan-bahan:

50 gr tepung terigu
100 gr tepung sagu tani atau tepung tapioka
1 sendok teh lada bubuk
1 sendok teh saus tiram jika suka
1 sendok teh garam
50 ml air panas
Kurang lebih 100 gr daging ayam yang telah dipisahkan daging dan tulangnya kemudian haluskan
1 butir telur, kocok lepas

Proses Membuat:

Pertama, daging ayam yang telah dihaluskan tadi masukan ke dalam wadah. Tambahkan tepung ke dalam daging dan semua bumbu seperti lada, saus tiram, garam aduk semua bahan sampai adonan rata.

Jangan lupa menambahkan air panas kedalamnya, aduk kembali semua bahan dengan cara menguleninya sampai adonan tersebut berubah menjadi kalis.

Selanjutnya, ambil sedikit bagian dan lilitkan ditusukan sate yang berukuran agak besar yang telah dipersiapkan terlebih dahulu. Lalu, rebus adonan yang telah dililitkan sampai adonan matang, angkat dan tiriskan.

Terakhir, sempol siap digoreng apabila sempol telah tiris dan dingin. Goreng setengah matang, angkat kemudian masukkan kedalam kocokan telur. Lanjutkan menggoreng sempol sampai kering dan berubah menjadi kecoklatan.

Sempol siap disajikan bersama saus tomat atau juga mayonaise. Gimana, resep yang sangat mudah bukan?. Dijamin rasanya akan sangat nikmat, cocok untuk menemani waktu santai Anda. Selamat mencoba. (kulinersehat.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.