Rasio Polisi dengan Warga Belum Ideal, Polres Sumenep Latih Kemampuan Satkamling

Avatar of PortalMadura.Com
Rasio Polisi dengan Warga Belum Ideal, Polres Sumenep Latih Kemampuan Satkamling
Polres Sumenep

PortalMadura.Com, – Rasio personel polisi dengan warga yang belum ideal, maka , Jawa Timur, menggelar pelatihan peningkatan kemampuan terhadap Satuan Keamanan Lingkungan ().

Upaya itu diharapkan mampu menciptakan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat yang aman dan kondusif, khususnya di wilayah hukum Sumenep, Madura.

“Kami memberikan pelatihan bagaimana dan apa yang harus dilakukan bila terjadi tindak kejahatan, kebakaran, maupun kecelakaan lalu lintas,” terang Wakapolres Sumenep Kompol Trie Sis Biantoro, Rabu (8/5/2024).

Menurutnya, dengan penanganan yang tepat akan berdampak positif terhadap penanganan selanjutnya.

“Seluruh perwakilan Satkamling dari beberapa kecamatan diberi pelatihan khusus soal penanganan kejahatan maupun gangguan kamtibmas lainnya,” katanya.

Untuk memaksimalkan pendidikan dan pelatihan, Polres Sumenep menghadirkan langsung mentor dari instansi yang berkompeten dibidangnya masing-masing.

Dalam penanganan kebakaran, mendatangkan tim Damkar Sumenep. Sedangkan Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) kecelakaan lalu lintas langsung ditangani Satlantas Polres Sumenep.

Adapun Tindakan Pertama di Tempat Kejadian Perkara (TPTKP) tindak pidana dibimbing langsung oleh Satreskrim Polres Sumenep.

Pelatihan itu penting, kata dia, karena berbagai gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sehingga pengetahuan yang cukup dari tim pengaman lingkungan akan membantu tugas aparat kepolisian.

“Rasio polisi dan masyarakat di Sumenep saat ini masih cukup tinggi. Keterbatasan petugas dalam pengelolaan kamtibmas akan terbantu dengan keberadaan Satkamling,” katanya.

Pihaknya berharap ilmu yang didapatkan di Polres Sumenep akan ditularkan kepada petugas keamanan lingkungan maupun masyarakat.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.