Rekapitulasi Suara di KPU Sumenep Diwarnai Rekomendasi PSU Bodong?

Avatar of PortalMadura.Com
Rekapitulasi Suara di KPU Sumenep Diwarnai Rekomendasi PSU Bodong?
Ketua KPU Sumenep serahkan hasil rekap pada saksi paslon 2

PortalMadura.Com, Sumenep – Rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Sumenep tahun 2015 ditingkat KPU diwarnai terbitnya rekomendasi pemungutan suara ulang (PSU) bodong di empat kecamatan yakni Masalembu, Guluk-guluk, Raas dan Sapeken.

“Kami telah menerima rekomendasi dari empat Panwaslih Kecamatan hari ini, terakhir Masalembu sekitar pukul 11.00 Wib, semuanya berisi PSU,” ungkap Siti Nur Asiyah, saksi paslon 2, Kamis (17/12/2015) malam.

Surat rekomendasi dari empat Panwaslih Kecamatan yang diterima paslon dua itu dipertanyakan keabsahannya oleh Panwaslih Kabupaten, sebab hingga pelaksanaan rekapitulasi suara di KPU hampir selesai, belum ada tembusan yang diterima Panwaslih Kabupaten dari empat panwaslih kecamatan terkait terbitnya rekomendasi PSU itu.

“Kalau itu bukan persoalan kami, tapi persoalan internal panwas yang harus ditelusuri. Tapi yang jelas kami menerima rekomendasi itu sudah berstampel basah panwaslih kecamatan dan lengkap dengan tandatangannya,” ujar Asiyah.

Sementara itu, komisioner Panwaslih Kabupaten, Anwar Noris menyatakan, pihaknya akan menelusuri terbitnya rekomendasi PSU di empat kecamatan itu, sebab pihaknya tidak mengetahui, bahkan baru tahu dari saksi paslon dua saat rekapitulasi suara di KPU.

“Sampai hari ini, panwaslih kabupaten belum mengeluarkan surat rekomendasi apapun. Makanya kami akan melakukan penelusuran atas rekom itu,” tegas Noris.

Ia mengaku kaget setelah dirinya mengetahui keberadaan rekom itu dari saksi paslon, karena sesuai prosedur, penerbitan rekom itu harus melalui pleno diinternal panwaslih kecamatan dan memberikan tembusan ke panwaslih kabupaten.

“Tapi, ternyata setelah kami tanyakan ke salah satu komisioner panwaslih Kecamatan Masalembu misalnya, penerbitan rekom itu tidak melalui rapat pleno,” beber Noris.

penghitungan suara pemilihan bupati dan wakil bupati Sumenep tahun 2015 ditingkat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep, paslon nomor urut 1, A Busyro Karim-Ahmad Fauzi mendapatkan perolehan suara sebanyak 301.887 dan paslon nomor urut 2, Zainal Abidin-Dewi Khalifah memperoleh dukungan suara sebanyak 291.779 suara. (arifin/har)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.