Rektor Unija Sjaifurrachman Dorong Koperasi Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

Avatar of PortalMadura.com
Rektor Unija Sjaifurrachman Dorong Koperasi Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional
Momentum pelantikan dan Rapat Kerja (Raker) wilayah Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Jawa Timur, bertempat di kampus Unija Sumenep (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Rektor Universitas Wiraraja () Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sjaifurrachman, memandang sangat penting dengan keberadaan (Kopma) dalam usaha menjadi salah satu penggerak ekonomi nasional.

“Ke depan, harapan kami untuk pengembangan koperasi di Indonesia itu dilakukan oleh mantan-mantan Kopma, karena mereka lebih milenial. Dan sekarang memang era milenial,” tegas Sjaifurrachman, Sabtu (21/12/2019).

Hal tersebut disampaikan Sjaifurrachman pada momentum pelantikan dan Rapat Kerja (Raker) wilayah Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Jawa Timur bertempat di kampus .

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) untuk koperasi mahasiswa Unija yang juga berada di lingkup FKKMI tersebut diharapkan terus berkembang dan mampu melahirkan SDM yang mumpuni di bidang koperasi. “Juga penting adalah koperasi mahasiswa ini harus memiliki nomor induk koperasi nasional,” tegasnya.

Menurutnya, sudah waktunya koperasi mahasiswa berbadan hukum yang tidak lagi diterbitkan oleh dinas koperasi melainkan berbadan hukum seperti perusahaan yang berstatus PT atau BUMN lainnya.

“Status legalitasnya itu nanti dari Menkumham juga. Status hukumnya memang perlu dinaikkan,” ucapnya.

Selama ini, meski sudah ada dalam UUD 45, kenyataan di lapangan status hukumnya kalah dengan lembaga lain, seperti BUMN. “Maka SDM yang dirintis dari Kopma ini, diharapkan kuat secara nasional,” tandasnya.

Diakui, Kopma Unija sendiri sering terkendala pada pengkaderan. Misalnya, menjadi pengurus pada saat menjelang akhir semester sehingga perlu kembali membentuk kader lain.

“Jadi, evaluasi kita sendiri, pengurus Kopma itu sudah harus diambilkan sejak semester awal, maka pengkaderan itu akan lebih panjang. Nantinya, mereka akan menjadi penggerak koperasi, khususnya di Sumenep,” jelasnya.

Rangkaian seminar dan sejumlah pelatihan yang dilakukan oleh Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia otomatis akan ada peningkatan kualitas pada SDM mahasiswa. “Melalui mahasiswa milenial inilah, koperasi harus terus ada perubahan untuk mendongkrak ekonomi Indonesia,” tandasnya.

Pihaknya menegaskan, untuk menjaga stabilitas dan peningkatan perekonomian nasional, diperlukan menyusun sistem ekonomi kerakyatan sebagai solusi terbaik.

“Dan koperasi memiliki asas kekeluargaan dan gotong royong serta menganut kesejahteraan bagi anggotanya. Ini sangat cocok untuk bangsa Indonesia,” ujarnya.

“Jadi, mudah-mudahan dari Kopma Wiraraja ini dapat memberikan nuansa baru bagi koperasi lain di Sumenep,” sambungnya seraya bangga menjadi tuan rumah pelantikan dan raker wilayah BPW FKKMI Jawa Timur masa bhakti 2019-2020.

Rektor Unija Sjaifurrachman Dorong Koperasi Mahasiswa Jadi Penggerak Ekonomi Nasional
Momentum pelantikan dan Rapat Kerja (Raker) wilayah Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Jawa Timur bertempat di kampus Unija Sumenep (@portalmadura.com)

Pada pelantikan dan rapat kerja wilayah Badan Pengurus Wilayah Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia (BPW FKKMI) Jawa Timur yang dikomandani Anwar Firmansyah, turut hadir Ketua Umum Forum Komunikasi Koperasi Mahasiswa Indonesia Pusat, Luni Nanda Rohmawati dan perwakilan Diskop Jatim, Ahmad Rizaldi.

Selain itu, Korda Jatim, para ketua koperasi daerah, dan seluruh ketua umum koperasi mahasiswa se-Jawa Timur serta sejumlah pimpinan Rektorat Unija Sumenep, dan perwakilan Dinas Koperasi Sumenep.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.