oleh

Resep Ayam Lodho Pedas dan Nikmat khas Tulungagung

PortalMadura.Com – Resep Ayam lodho merupakan sajian khas Jawa Timur, tepatnya berasal dari daerah Tulungagung. Cita rasa utamanya yaitu gurih dan pedas. Tentunya kota ini memiliki makanan khas yang tak kalah enak dengan makanan khas dari daerah lainnya.

Keunikannya terletak pada ayam yang dibakar di atas bara api hingga setengah matang, baru kemudian dimasak dengan aneka bumbu dan santan hingga mengental. Berikut ini bahan dan cara membuatnya, seperti yang dilansir dari laman fimela.com.

Bahan-bahan:
1 ekor ayam kampung

Bumbu:
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
1 ruas lengkuas
7 siung bawang putih
10 siung bawang merah
3 butir kemiri
500 ml santan kelapa
4 lembar salam
4 lembar daun salam
2 batang serai (geprek)
Garam, gula, penyedap rasa secukupya
1 bungkus kaldu ayam
1 sdt merica
6 buah cabai rawit
1 liter air

Cara Membuat:
Cuci bersih ayam kampung, potong menjadi 12 bagian. Lalu panggang di atas bara api hingga setengah matang, hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan. Angkat dan sisihkan. Haluskan semua bumbu seperti bawang merah, bawang putih, merica, garam, penyedap rasa, kunyit, jahe dan kemiri hingga halus.

Tumis bumbu halus dengan menggunakan sedikit minyak hingga harum bersama dengan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas. Tambahkan 1 liter air ke dalam bumbu, aduk-aduk hingga bumbu tercampur rata hingga mendidih. Masukkan ayam yang sudah dipanggang, ke dalam kuah.

Masak hingga daging empuk. Jika dirasa daging sudah empuk, masukkan santan dan cabai rawit utuh. Aduk-aduk hingga rata dan biarkan mendidih. Ayam lodho siap di hidangkan dan selamat mencoba di rumah.

Rewriter: Nurul Hijriyah
Sumber : fimela.com

Komentar