oleh

Resep Bakso Aci Kenyal yang Pedas dan Menggugah Selera

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang suka dengan bakso. Berbagai varian yang ada membuat pecintanya selalu ingin memburunya. Nah, salah satu yang baru-baru ini sempat menjadi tren yaitu bakso aci kenyal.

Sudahkah Anda tahu apa itu bakso aci kenyal?. Jika belum, Anda wajib mencobanya, karena rasanya tidak kalah dengan bakso seperti biasanya. Apalagi jika ditambah dengan pilus, akan semakin kaya rasa dan kriuk di mulut.

Membelinya mungkin masih membutuhkan waktu lama. Jadi sebaiknya Anda membuatnya sendiri di rumah. Karena, Anda bisa mengkreasikannya sesuai selera, misalnya kuah bisa dimodifikasi dengan cabai atau lebih banyak perasan jeruk nipis.

Daripada berlama-lama, ini dia resep dan cara membuatnya:

Bahan (untuk 1 porsi):

4 sendok makan tepung tapioka
2 sendok makan tepung terigu serbaguna
2 buah tahu belah 2
4 siung bawang putih, haluskan
1 sendok teh kaldu bubuk (opsional)
100 ml air

Bumbu Halus Kuah:

3 siung bawang putih
2 siung bawang merah
2 buah cabai merah keriting
5 buah cabai rawit merah
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Pelengkap:

1 buah jeruk limau
1 batang daun bawang, iris halus
Pilus cikur (opsional)

Cara Membuat:

Pertama, panaskan air, kemudian bumbui dengan bawang putih halus, garam, dan kaldu bubuk sampai mendidih. Lalu, campur tepung tapioka dan tepung terigu. Tuangi air rebusan bawang putih yang sudah dibuat tadi sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang bisa dibentuk dengan tangan.

Kemudian, bentuk menjadi bulatan atau bakso lonjong. Ambil tahu dan keruk bagian tengahnya, lalu isi dengan sisa adonan aci. Kemudian, siapkan minyak goreng dalam jumlah banyak. Masukan sebagian adonan yang telah dibentuk ke dalam minyak dingin, lalu nyalakan api besar. Goreng hingga matang, lalu angkat dan sisihkan.

Baca Juga: Menu Camilan: Resep Pentol Aci Goreng yang Gurih dan Kriuk

Proses bahan-bahan bumbu halus, kemudian panaskan air secukupnya untuk membuat kuah. Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak sampai harum, kemudian masukan ke dalam rebusan kuah.

Terakhir, masukan sisa adonan bakso aci yang belum digoreng dan bakso tahu ke dalam kuah. Masak sampai mengambang, kemudian angkat. Sajikan dengan taburan daun bawang, pilus cikur, dan perasan jeruk limau.

Selesai, bakso aci kenyal sudah siap dinikmati selagi masih hangat. Sangat cocok dikonsumsi dikala musim hujan untuk menghangatkan suasana. Selamat mencoba.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar