Jangan Sampai Salah, Perbedaan Buah Nangka dan Cempedak

Avatar of PortalMadura.Com
Jangan Sampai Salah, Perbedaan Buah Nangka dan Cempedak
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda tentunya sudah akrab banget dengan yang namanya buah nangka kan? Lalu bagaimana dengan buah cempedak, apakah Anda sudah tahu apa itu buah cempedak? Buah cempedak memiliki bentuk, rasa, dan keharuman yang menyerupai buah nangka.

Tetapi aromanya sangat kuat dan menusuk hidung seperti buah durian. Lalu, apa sih bedanya buah nangka dengan buah cempedak? Indonesia menjadi salah satu negara yang kaya akan buah-buahan tropisnya. Di antaranya adalah buah nangka dan cempedak. Kedua buah ini menjadi buah favorit banyak orang karena rasanya yang sangat manis dan aromanya yang harum.

Mengenai nangka dan cempedak, meski keduanya terlihat hampir sama, keduanya adalah buah yang berbeda. Kira-kira apa sih perbedaan nangka dan cempedak.

Dari segi rasa, aroma dan bentuk buah nangka maupun cempedak nyaris sama. Buah ini juga sebagai buah yang khas di Indonesia. Buah nangka bisa ditemukan dengan mudah di berbagai wilayah di Indonesia. Sedangkan buah cempedak, buah ini hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti Kalimantan, Irian dan Sulawesi.

Sekilas, nangka dan cempedak sangat mirip bahkan nyaris sama. Buah nangka dan cempedak sama-sama memiliki bentuk buah yang lonjong dan kulitnya berduri. Namun, buah nangka dan cempedak bisa dibedakan dari ukurannya. Nangka memiliki ukuran beragam dari yang kecil hingga sangat besar.

Sedangkan cempedak, umumnya ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan nangka. Saat dibelah, daging buah nangka berbentuk padat dan besar. Sedangkan cempedak, buahnya lebih lembek dan kecil. Daging buah nangka sulit dikeluarkan dari porosnya sementara daging buah cempedak sangat mudah dikeluarkan dari porosnya.

Aroma buah nangka lebih manis dan lembut sedangkan aroma buah cempedak lebih kuat dan menyengat. Untuk kulit buahnya, nangka yang sudah matang kulitnya tetap berwarna hijau sedangkan cempedak akan berubah jadi kekuningan.

Itulah perbedaan buah nangka dan cempedak. Semoga informasi ini bermanfaat dan untuk mencari tahu perbedaan keduanya secara pasti, pastikan untuk mecicipi buah nangka maupun cempedak ya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.