Resep Bakwan Oncom Goreng yang Kriuk

Editor: Desy Wulandari
Resep Bakwan Oncom Goreng yang Kriuk
Ilustrasi (Resep Masakan Indonesia)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bakwan merupakan salah makanan yang disukai semua kalangan. Banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang murah. Terbuat dari tepung terigu, bumbu-bumbu dan sayuran, bakwan sangat nikmat dinikmati dengan cabe hijau.

Ada berbagai menu bakwan yang bisa ditemui di pasaran, namun salah satu yang unik yaitu bakwan oncom. Oncom merupakan bahan makanan fermentasi yang ternyata sangat enak dijadikan bakwan. Penasaran, seperti apa rasanya bakwan oncom goreng? Sebagaima dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Resep Bakwan Oncom Goreng Kriuk

Bahan:

200 gr oncom merah (oncom ampas tahu)
9 sdm tepung terigu
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 batang daun bawang prei
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/4 sdt merica bubuk
garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya
air secukupnya

Cara Membuat:

Hancurkan oncom lalu campurkan dengan tepung, ketumbar, merica, garam dan kaldu bubuk. Setelah itu, cincang dan iris tipis bawang merah, putih dan daun prei. Kemudian masukkan ke dalam adonan. Lalu tuang sedikit air agar menjadi adonan mirip bakwan.

Panaskan minyak, ambil satu sendok makan dan goreng sambil agak ditekan agar lebih lebar. Kemudian goreng hingga matang kecokelatan dan renyah. Angkat. Sajikan bakwan oncom goreng sebagai camilan atau bahkan lauk makan selagi hangat dan renyah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.