Resep Bebek Sinjay Madura yang Wajib Dicoba

Avatar of PortalMadura.com
Resep-Bebek-Sinjay-Madura-yang-Wajib-Dicoba
Ilustrasi (Maduracity.com)

PortalMadura.Com – Saat Anda datang ke Pulau Madura, Anda akan disambut dengan deretan rumah makan yang menyajikan menu bebek, salah satunya bebek sinjay. Ya, olahan bebek ungkep goreng ini sangat populer di Jawa Timur.

Tidak hanya di Madura, Anda jugsa bisa menemukan olahan bebek ini di kota-kota lain seperti Surabaya dan Malang. Bahan utamanya memang bebek, tapi ia digoreng bersama bumbu rempah pilihan mereka.

Rasanya yang sangat khas membuat banyak wisatawan berburu masakan khas Madura ini. Nah, bagi Anda yang penasaran dan belum berkesempatan mencicipinya, boleh juga mengolah bebek sinjay sendiri di rumah.

Berikut ini resep dan cara membuat bebek sinjay ala Madura, lengkap dengan sambal mangga muda yang mantap di lidah, seperti dilansir PortalMadura.Com, Sabtu (30/1/2021) dari laman Merdeka.com:

Bahan

1 ekor bebek utuh yang sudah dibului, cuci bersih dan potong-potong
1 buah jeruk nipis
2 batang serai
5 lembar daun jeruk
3 buah asam jawa
2 ruas jari lengkuas muda, parut
1/2 gelas belimbing air
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus

8 butir kemiri
10 butir bawang merah
8 siung bawang putih
5 buah cabai rawit
2 ruas jari kunyit
1 ruas jari jahe
1 ruas jari kencur
1 sendok teh gula pasir
Garam secukupnya

Sambal Mangga

1 buah mangga muda
2 cabai merah keriting
10 cabai rawit merah
1 sendok teh gula merah
1/2 keping terasi

Pelengkap:

Irisan mentimun secukupnya
Kemangi segar secukupnya

Cara Membuat Bebek Sinjay

Lumuri bebek yang sudah dicuci bersih dengan air jeruk nipis, kemudian diamkan selama 30 menit sampai sejam untuk menghilangkan bau amisnya. Panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bumbu halus, serai, daun jeruk, asam jawa, dan lengkuas parut sampai harum.

Selanjutnya, masukan bebek ke dalam tumisan bumbu, lalu aduk rata. Bumbui dengan garam dan gula secukupnya. Masukan minyak hingga menenggelamkan sebagian tubuh bebek. Masak bebek dengan api kecil selama 2 jam. Bebek akan mengeluarkan kaldu selagi diungkep.

Jika airnya sudah menyusut, masukan setengah gelas air dan masak lagi sampai kering dan bebek matang. Setelah bebek matang, tiriskan kembali minyaknya. Sisakan bebek dan remah-remah bumbunya.

Cara Membuat Sambal Mangga

Selanjutnya buat sambal mangga. Kupas mangga, kemudian serut atau iris memanjang seperti korek api. Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, terasi, dan gula merah dengan cara diuleg.

Masukkan mangga muda yang sudah diserut, kemudian uleg kembali secukupnya. Sampai mangga muda layu saja, tidak perlu sampai halus.

Sajikan sepotong bebek sinjay dan remah bumbunya bersama nasi putih, sejumput sambal mangga, irisan mentimun, dan sekuntum kemangi.

Demikian cara membuat bebek sinjay khas Madura dengan pelengkapnya. Selamat mencoba dan menikmati bersama keluarga di rumah.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.