Resep Biji Salak yang Kenyal dan Enak

Avatar of PortalMadura.com
Resep Biji Salak yang Kenyal dan Enak
Ilustrasi (cookpad.com)

PortalMadura.Com yang kenyal, enak, dan manis bisa menjadi sajian Ramadhan. Biji salak terdiri dari dan gula merah, serta santan sebagai kuahnya.

Sangat mudah untuk membuat biji salak sendiri di rumah. Cara pembuatannya tidak repot seperti yang dibayangkan. Dilansir dari laman Cookpad.Com, Kamis (24/9/2020) berikut biji salak:

Resep Biji Salak

Bahan-bahan:

  • 1 kg ubi kuning
  • 1/4 kg gula merah
  • 1/4 sagu/aci
  • 4 sendok maizena
  • 1 bungkus santan instant
  • 3 lembar daun pandang
  • 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

Pertama, cuci bersih ubi lalu kukus hingga matang. Setelah matang kupas kulitnya dan haluskan, campurkan tepung sagu/aci sedikit demi sedikit, lalu uleni, bisa tambahkan sesendok air agar ulenan tidak kering, karna ubi punya kadar air berbeda-beda. Lalu setelah adonan tadi merata, dibulatkan seukuran kelereng (sesuai selera). Didihkan air 5 gelas, gula merah, beri daun pandan dan 1/4 sendok teh garam, jika mendidih masukan bulatan ubi tadi.

Agar kuah tidak encer kita cairkan 2 sendok tepung maizena dengan sedikit air tuangkan ke dalam panci aduk rata dan jika semua ubi bulatan tadi sudah mengapung tandanya sudah matang, lalu angkat. Kemudian buat saus, didihkan 1 gelas air, santan dan beri 1/4 sendok teh garam, beri sedikit maizena yg sudah di cairkan, aduk hingga mendidih. Biji salak siap di makan dengan disiram santan kental agar rasanya manis dan gurih. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.