Resep Ikan Nila Bakar Bumbu Padang

  • Bagikan
ikan nila bakar bumbu kuning pedas
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Ikan nila adalah ikan yang sangat digemari oleh hampir semua orang dipenjuru dunia, karena dagingnya yang empuk.

Apalagi jika ikannya di bakar pasti akan menambah rasa nikmatnya dan pastinya Anda akan ketagihan jika memakannya.

Nah, agar Anda bisa menyajikan hidangan ini dirumah dengan mudah dan sederhana untuk keluarga. Yuk, kita simak resepnya berikut ini.

Bahan Utama Ikan Nila:
Ikan nila 2 ekor
2 sdm air jeruk limau
1 cm jahe, dihaluskan
1 sdt garam

Bumbu dan Bahan IKan Nila yang Dihaluskan:
Kunyit 2 cm
Bawang putih 6 siung
Lengkuas 2 cm, geprek
Cabe merah 5 biji
Bawang merah 10 siung
Jahe 2 cm
Kemiri 3 biji

Bahan dan Bumbu Ikan Nila yang lain:
Daun salam 3 lembar
Asam kandis 2 keping
Daun kunyit 2 lembar, simpulkan
Jeruk nipis 1/2
Garam secukupnya
Serai 3 batang, geprek

Bahan Pelengkap Ikan Nila Bakar:
Timun
Daun seladah
Kerupuk

Cara Mengolah Ikan Nila Sebelum Dibumbui:
Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan ikan nila yang sudah Anda persiapkan. Silahkan bersihkan ikan nila dibawah air yang mengalir dan bersihkan sisik ikan terlebih dahulu.

Untuk membersihkan sisik ikan, anda bisa melakukannya dengan cara, sisik ikan dengan menggunakan bantuan pisau dan sisik dari arah yang berlawanan. Lalu bersihkan pula sisik ikan dibagian sisi yang lain hingga bersih.

Selanjutnya, kita bersihkan isi perut ikan. Caranya, belah sedikit bagian perut ikan dengan menggunakan pisau dan keluarkan isi perutnya dengan menggunakan tangan hingga bersih.

Selain itu, setelah mengeluarkan isi perut ikan, pastikan jika anda membersihkan ikan dibagian dalam perutnya. Hal ini untuk memastikan kotoran dan noda pada ikan bisa dibersihkan secara merata.

Setelah itu, bersihkan pula insang dikepala ikan. Sebab dibagian ini biasanya kotoran dan noda banyak menumpuk. Untuk itu, mencuci insang dengan menggunakan air saja tidak cukup. Maka Sebaiknya, keluarkan insang ikan dengan menggunakan tangan.

Selesai membersihkan insang ikan, sekarang belah menjadi dua bagian ikan nila, namuan pastikan jika anda tidak membelahnya hingga terputus.

Jika ikan sudah dibelah, sekarang lumuri ikan dengan air perasan jeruk nipis dan taburan garam secara merata. Lalu diamkan sementara sampai bumbu ini meresap secara merata.

Cara Membuat Ikan Nila Bakar:
Hal pertama untuk membuat bumbu ikan nila bakar bisa dilakukan dengan menghaluskan bumbu yang harus dihaluskan. Lalu setelah bumbu halus, masukkan bumbu ini kedalam wadah.

Tambahkan serai, daun salam, daun kunyit, garam dan asam kandis. Lalu aduk-aduk hingga bumbu merata dengan sempurna.
Ambil bumbu halus sekitar 1/3 dan lumuri bumbu ini pada ikan secara merata.

Setelah itu, siapkan panggangan dan panggangan ikan hingga matang dan jangan lupa untuk membulak-balik ikan hingga matang agar tidak gosong.

Setelah ikan matang, angkat ikan dan tata diatas piring saji. Sementara itu, kita masak sisa bumbu halus tanpa ditumis dan masak bumbu ini hingga harum dan kering secara merata.

Setelah bumbu kering, angkat dan sajikan diatas ikan bakar yang sudah dibuat tadi. Hidangkan ikan bakar ini bersama dengan nasi hangat yang lezat. Demikian resep dan cara membuat sajian ikan nila bakar bumbu padang yang enak dan sedap.(MasakanEnak/choir)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.