oleh

Resep Kuah Pindang Patin untuk Menu Sahur, Maknyus

PortalMadura.Com – Pada umumnya, mayoritas orang ingin mengonsumsi menu sahur yang hangat-hangat dan lezat. Tidak heran, memasuki pekan kedua berpuasa ini, tidak sedikit orang yang mulai kebingungan menentukan menu makanan yang cocok untuk santap sahur mereka.

Nah, jika Anda sudah bosan dengan menu daging ayam atau daging sapi, mengapa tidak coba bersantap sahur dengan daging ikan?. Bila dirasa ikan goreng adalah olahan yang kurang menarik dan tidak mengunggah selera makan saat sahur, kenapa tidak coba untuk mengolah daging ikan jadi masakan berkuah?. Salah satunya, seperti Anda memasak kuah pindang ikan patin.

Resep Kuah Pindang Patin

Lantas, bagaimana cara membuatnya?. Berikut resep kuah pindang patin:

Bahan-bahan:

1/2 kilogram ikan patin
1 batang sereh, geprek, potong
3 lembar daun jeruk
1 jari laos
2 buah cabe merah, potong serong
3 buah cabe ijo, potong serong
Air asam jawa, secukupnya
2 buah jeruk nipis

Bumbu halus:

5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
2 butir kemiri
1 ruas jahe
1 jari kunyit
3 buah cabe merah
1 sendok teh lada bubuk
Garam, secukupnya
Minyak goreng secukupnya, untuk menumis

Cara membuat:

Bersihkan ikan patin yang sudah dipotong. Lalu, lumuri dengan air jeruk nipis. Diamkan 15 menit. Kemudian, bilas dengan air. Setelah itu, tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan, laos, cabe merah hingga harum. Baru tambahkan air, sereh, daun jeruk, air asam jawa, garam, dan bubuk penyedap rasa.

Selanjutnya, masak sebentar sampai kuah sedikit lumayan mengental. Lalu, masukan ikan patin. Masak lagi hingga ikan patin matang dan bumbunya meresap sekitar 15-20 menit. Cicipi rasa, tes hingga rasanya pas sesuai selera. Sajikan kuah pindang patin selagi hangat untuk santapan sahur.

Penulis : Salimah
Sumber: Okezone.com

Komentar