oleh

Resep Kue Lapis Surabaya yang Lembut dan Enak

PortalMadura.Com – Kue lapis merupakan salah satu kue yang banyak disukai masyarakat. Biasanya kue ini dijadikan teman minum kopi dan teh di pagi atau sore hari. Untuk mendapatkannya tidaklah sulit karena banyak dijual di toko kue dan pasar-pasar tradisional.

Saat ini yang lagi ramai dibicarakan yaitu kue lapis Surabaya. Selain kue ini memang khas Surabaya, juga mempunyai tekstur yang sangat lembut. Jadi bagi Anda yang sedang berkunjung ke Surabaya, jangan sampai ketinggalan untuk mencicipi kue lapis Surabaya. Penasaran dengan resepnya:

Ini dia resepnya:

Bahan-bahan Untuk Lapisan Warna Kuning:

35 gram tepung terigu

15 gram susu bubuk

75 gram gula pasir

Satu sendok teh emulsifier

3 butir telur ayam (putih telurnya saja)

5 butir telur ayam (kuning telurnya saja)

100 gram margarin yang sebelumnya telah dilelehkan

Dan selai strawberry atau selai blueberry (sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan Anda).

Bahan-bahan Untuk Lapisan Warna Cokelat:

250 gram tepung terigu

10 gram susu bubuk

Satu sendok teh emulsifier

5 butir telur ayam, cukup kuning telurnya saja

15 gram cokelat bubuk

100 gram margarin yang sebelumnya telah dilelehkan

3 butir telur ayam, usahakan untuk mengambil putih telurnya saja

75 gram gula pasir dan 1/4 sendok teh cokelat pasta

Cara Membuat Lapis Surabaya:

Kocok gula pasir bersamaan dengan emulsifier serta telur hingga adonan menjadi lebih kental dan mengembang, kemudian lanjutkan dengan memasukkan tepung terigu dan lanjutkan kembali dengan mengaduknya hingga adonan merata. Setelh itu, tuangkan margarin lalu putih telur sambil diaduk terus menerus sampai adonan benar-benar menjadi satu

Ambil loyang yang sebelumnya telah diolesi dengan menggunakan margarin dan dialasi memakai kertas roti dan tuangkan adonan pertama, lakukan lagi untuk adonan kedua yang menggunakan bubuk dan pasta cokelat. Kemudian masukkan loyang kedalam oven setidaknya selama setengah jam.

Setelah kedua adonan dipanggang dan matang dengan sempurna, angkat dan sisihkan untuk didinginkan agar bisa segera dibentuk menjadi kue lapis Surabaya dengan dua lapisan berbeda. Setelah itu, padukan kue lapis Surabaya tersebut dengan pengaturan, dimana lembar pertama memakai lapisan berwarna kuning, olesi dengan selai strawberry atau selai blueberry dan tumpuk dengan adonan kue lapisan berwarna cokelat kemudian olesi kembali dengan menggunakan selai.

Tekan kue dengan perlahan-lahan agar keduanya menyatu lalu potong-potong kue sesuai dengan selera Anda. Dan kue lapis Surabaya siap untuk dihidangkan. (infokuliner.com/Desy)