oleh

Resep Kue Puteri Mandi Khas Malaysia

PortalMadura.Com – Salah satu camilan khas negeri jiran yang juga populer di Indonesia serta sangat mirip dengan kue klepon yaitu puteri mandi. Sama-sama dibuat dari tepung ketan, hanya saja kalau klepon berisi gula merah dengan taburan kelapa parut diatasnya.

Sedangkan puteri mandi tidak berisi, tapi berkuah dari campuran gula merah dan kelapa parut. Penasaran seperti apa rasa dan cara membuatnya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman detik.com, berikut ini resepnya:

Bahan :

150 g tepung ketan
1 sdm tepung terigu
1/2 sdt garam
100 ml air daun suji pandan
air secukupnya
100 g kelapa muda kupas, parut memanjang
50 g gula merah
1 sdm gula pasir
1 lembar pandan, potong-potong

Cara Membuat :

Taruh tepung ketan dan tepung terigu serta garam dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Kemudian tuangkan air daun suji pandan, aduk rata sambil tambahkan air hingga menjadi adonan yang kalis dan lembut.

Bentuk adonan jadi bola-bola sedang lalu pipihkan dan tekan bagian tengahnya hingga membentuk cekungan. Setelah itu, didihkan air secukupnya dalam panci, tambahkan 1 lembar daun pandan. Rebus adonan yang pipih cekung dalam air mendidih biarkan hingga mengapung lalu angkat dan tiriskan.

Sementara itu masak kelapa parut dengan gula merah, gula pasir dan pandan hingga gula lumer dan menyatu dengan kelapa parut. Kemudian campurkan adonan dengan gula kelapa parut, aduk hingga rata. Lalu sajikan untuk camilan keluarga.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber : Detik.Com

Komentar