oleh

Resep Lele Goreng Kremes Anti Gagal

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu penyuka lalapan lele?. Jika iya, pasti sudah tidak asing lagi dengan rasa dan khas dari daging ikan tersebut. Apalagi jika lele tersebut digoreng dengan tepung untuk dijadikan kremesan, pasti tambah bikin nagih.

Makanan ini sangat cocok dikonsumsi bersama dengan nasi putih hangat. Lele goreng kremes ini tentunya akan jadi menu favorit Anda. Cara membuatnya tidak sulit, karena bahan-bahannya mudah ditemui.

Penasaran?. Berikut resep yang bisa Anda coba seperti dilansir PortalMadura.Com, Kamis (25/2/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan

5 ekor ikan lele
1/2 buah jeruk nipis, ambil air perasannya
3 siung bawang putih
1 butir kemiri
1 ruas jahe
1 sdt kunyit bubuk
1 sdt ketumbar
1/2 sdt garam

Bahan untuk Kremesan

400 ml air
125 gram tepung tapioka
1/2 sdm tepung beras
1 kuning telur
1/4 sdt baking powder
1 sdt kaldu bubuk

Cara Membuat

Pertama, ikan lele yang sudah dicuci bersih dan dibuang kotorannya, dilumuri air jeruk nipis. Diamkan selama 30 menit. Lalu, haluskan bawang putih, kemiri, jahe, ketumbar, dan kunyit bubuk. Lumuri ikan dengan bumbu halus, diamkan selama 15 menit.

Selanjutnya, membuat bahan kremesan, campurkan tepung tapioka, tepung beras, kaldu bubuk, dan baking powder. Tambahkan kuning telur, tuang air sedikit demi sedikti sambil dikocok hingga tidak bergerindil. Kemudian, panaskan minyak yang cukup banyak. Goreng lele setengah matang.

Terakhir, ambil 1 centong sayur adonan kremes. Tuangkan di saringan setinggi sekitar 25 cm di atas wajan. Diamkan beberapa saat, lalu gulung lele di kremesan. Sambil lalu goreng lele hingga matang. Jika sudah kecokelatan angkat dan tiriskan.

Selesai, lele goreng kremes sudah siap dinikmati selagi masih hangat. Selamat memasak dan semoga suka.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : Fimela.Com

Komentar