Resep Lontong Kikil Surabaya, Super Enak dan Seger

  • Bagikan
Resep-Lontong-Kikil-Surabaya,-Super-Enak-dan-Seger
Ilustrasi (idntimes.com)

PortalMadura.Com – Pernah berkunjung ke Surabaya menikmati kulineran daerah sana?. Salah satunya yaitu lontong kikil. Jika belum Anda wajib mencobanya. Karena, menu ini sangat enak dan nikmat. Apalagi dalam musim hujan seperti sekarang ini.

Mau menikmati lontong kikil tapi masih harus ke Surabaya?. Tenang saja, tidak perlu Anda jauh-jauh ke sana. Anda masih bisa mengonsumsi makanan tersebut dengan membuatnya sendiri di rumah. Begini resep yang bisa Anda ikuti untuk bikin sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (25/11/2021) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan

1 kg kikil sapi (bisa juga ditambahkan krecek/kulit sapi)
3 batang serai, memarkan
6 lembar daun jeruk
3 daun bawang

Bumbu Halus

8 siung bawang putih
15 siung bawang merah
10 butir kemiri, sangrai sebentar
5 buah cabai merah
1 sdt ketumbar
1 sdt jintan
4 cm kunyit
3 cm jahe
2 cm kencur
2 cm kunci
Garam secukupnya

Cara Membuat

Pertama, bakar sebentar kikil agar bulu-bulu kaki sapi hilang. Potong-potong dan rebus hingga mendidih. Lalu, buang airnya untuk menghilangkan bau. Rebus lagi kikil hingga empuk.

Setelah itu, tumis bumbu halus. Masukkan daun jeruk dan serai, tumis lagi hingga harum. Tuang ke dalam rebusan kikil. Aduk rata hingga mendidih, tambahkan garam jika kurang terasa.

Terakhir, masukkan daun bawang yang sudah dipotong-potong. Rebus lagi hingga kuah mengental dan sedap. Jangan lupa tambahkan lontong dan sajikan bersama kikilnya. Selesai, selamat mencoba dan semoga suka.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.