Resep Putu Mayang yang Menggugah Selera

Avatar of PortalMadura.com
Resep Putu Mayang yang Menggugah Selera
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Putu mayang merupakan salah satu jajanan tradisional yang banyak penggemarnya. Bentuknya yang khas, yakni seperti mi yang hadir dalam berbagai warna lembut dan disajikan dalam bentuk gumpalan, membuat kue jajanan pasar ini sedap dilihat.

Apalagi, ditambah guyuran kuah berupa sirup gula merah, membuat kue putu mayang digemari semua kalangan, baik itu anak-anak maupun orang tua. Nah, bagaimana jika Anda mencoba membuat sendiri di rumah kue putu mayang?.

Baca Juga: Rela Jadi Pemulung, Anak SD Kelas 3 di Bangkalan Ingin Jadi TNI

Berikut ini resep putu mayang:

Bahan-bahan:

150 gram tepung beras
1 sdm gula pasir
1/2 sdt garam
300 ml santan
50 gram tepung sagu
Pewarna makanan secukupnya (sesuai selera)

Saus:

500 ml santan
1/4 sdt garam
5 lembar daun pandan, potong

Sirup Gula Merah:

125 gram gula merah, sisir
50 ml air
1 lembar daun pandan

Cara Membuat:

Campur tepung beras, gula pasir, garam dan santan, aduk rata. Masak hingga menjadi adonan. Tambahkan tepung sagu sedikit demi sedikit sambil aduk rata.

Kemudian, bagi adonan menjadi beberapa bagian, beri pewarna, uleni hingga rata. Masukan ke dalam cetakan, tekan dan bentuk bulat. Kukus selama 15 menit, angkat dan sisihkan.

Untuk bahan saus, rebus semua bahan saus dengan api kecil sampai mendidih, sisihkan. Selanjutnya, siapkan bahan sirup. Caranya, rebus bahan sirup hingga mengental, angkat dan sisihkan. Sajikan putu mayang dengan saus dan sirup gula merah dalam mangkuk saji. Kue putu mayang siap disajikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.