Resep Rendang Jengkol, Pedas dan Legit

Avatar of PortalMadura.com
Resep Rendang Jengkol, Pedas dan Legit
Ilustrasi (NET)

PortalMadura.Com – Kalau mendengar kata rendang biasanya yang ada di pikiran adalah olahan daging. Tapi siapa sangka, sekarang daging bisa diganti dengan jengkol. Ya, selain dijadikan pelengkap masakan, kini jengkol juga sangat enak dibuat rendang.

Masakan ini cocok sekali untuk makan siang Anda di rumah. Cara membuatnya pun juga tidak sulit, tinggal mengikuti petunjuk, Anda sudah bisa menikmatinya. Bagaimana, penasaran dengan rasanya?. Yuk ikuti berikut ini sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (20/1/2022) dari laman Fimela.com:

Bahan-bahan

1 kg jengkol
12 bawang merah
8 bawang putih
8 cabai besar
12 cabai rawit
1 ruas kunyit
1 ruas jahe
2 ruas lengkuas
5 lembar daun salam
5 lembar daun jeruk
3 batang serai
Garam
Gula pasir
Gula merah
Penyedap rasa
Kecap manis
1 bungkus santan

Cara Membuat

Rebus jengkol, beri bubuk kopi supaya baunya tidak menyengat selama 20 menit. Kemudian cuci, bersihkan kulit dan geprek jengkol lalu rebus kembali dengan air dan kopi selama 20 menit. Lalu, blender bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit dan cabai hingga halus.

Setelah itu, tumis bumbu, masukkan daun salam, daun jeruk dan serai, tumis hingga matang. Masukkan jengkol yang sudah direbus dan dibilas dengan air.

Terakhir, masukkan air hingga menutupi jengkol lalu masukkan juga garam, gula merah, gula pasir, kecap dan penyedap rasa. Setelah air mendidih, masukkan santan instan aduk supaya tidak pecah, masak hingga air menyusut.

Selesai, sajikan rendang jengkol dengan taburan bawang goreng agar lebih mantap. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.