oleh

Resep Siomay Dimsum Bungkus Jamur yang Lagi Viral

PortalMadura.Com – Jamur merupakan salah satu tumbuhan yang banyak dibudidayakan di Indonesia. Seperti jamur tiram, jamur kancing dan jamur kuping. Selain karena kebutuhan pasar, jamur juga memiliki rasa yang enak. Sehingga banyak menu masakan berbahan dasar jamur.

Salah satu makanan viral yang saat ini menjadi favorit anak milenial yaitu siomay dimsum dan yang lebih nikmat lagi karena dikreasikan dengan jamur. Jadilah menu siomay dimsum bungkus jamur. Ingin mencoba membuatnya di rumah? Sebagaimana dilansir PortaMadura.Com dari laman brilio.net, berikut ini resepnya.

Bahan:

200 gr jamur kuping basah

Bahan isian:

– 200 gr udang kupas, potong-potong kecil
– 200 gr daging ayam giling
– 2 batang daun bawang, potong halus
– 2 sdm bengkoang, potong kotak kecil
– 6 butir bawang putih, haluskan
– 2 sdm tapioka
– 1 sdm kecap asin
– 1 sdm gula pasir
– 2 sdt minyak wijen
– 1/2 sdt garam
– 1 sdt lada bubuk

Topping:

– Wortel parut

Cara membuat:

Campur semua bahan isian kecuali wortel parut. Kemudian aduk rata, sisihkan. Setelah itu, siapkan kukusan sampai airnya mendidih.

Ambil cetakan bolu kukus atau cetakan cup cake ukuran kecil, beri bagian dalamnya dengan jamur kuping sebagai alas, lalu beri bahan isian sampai penuh. Lalu beri sedikit wortel parut pada bagian atas siomay. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Setelah itu, keluarkan dari cetakan, hidangkan hangat. Siomay dimsum bungkus jamur siap disantap bersama anggota keluarga.

Rewriter : Desy Wulandari
Sumber: Brilio.net

Komentar