Resep Tumis Pare Orak-arik Telur yang Rasanya Bikin Nagih

Avatar of PortalMadura.com
Editor: Desy Wulandari
Tumis Pare Orak-arik Telur yang Rasanya Bikin Nagih
Ilustrasi (cookpad.com)
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Pare yang memiliki nama Latin Momordica charantia, merupakan jenis tanaman merambat yang buahnya sering dimanfaatkan sebagai bahan pangan atau pengobatan. Meskipun rasanya pahit namun pare bisa dijadikan berbagai menu yang nikmat dan menggugah selera.

Salah satu menu enak dengan bahan pare yaitu tumis pare orak-arik telur. Tambahan telur akan menambah cita rasa masakan ini menjadi semakin mantap. Selain itu, tumis pare orak arik telur bisa dijadikan menu sahur atau berbuka puasa. Ingin membuatnya di rumah? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman fimela.com, berikut ini resepnya:

Bahan

1 buah pare (buang isi, iris tipis)
2 butir telur
4 sdm minyak goreng

Bumbu

5 siung bawang merah (cincang halus)
2 siung bawang putih (cincang halus)
7 buah cabai rawit (iris serong)
Garam halus (secukupnya)
Kaldu ayam bubuk (secukupnya)
Gula (sedikit saja, jika suka

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Cara Membuat

Siapkan semua bahan dan bumbu. Kemudian letakkan pare yang telah diiris tipis ke dalam mangkok, campur dengan 2 sdm garam kasar. Setelah itu, aduk rata garam dan pare, remas-remas pare hingga garam mencair dan peras air pare. Lalu buang air perasan pare.
Peras pare hingga benar-benar kesat kemudian cuci dengan air hangat hingga air cuciannya bening. Peras lagi pare, tiriskan dan sisihkan sebentar.

Panaskan minyak, masak telur orak-arik, tambahkan garam secukupnya. Kemudian masukkan bumbu bawang merah, bawang putih dan cabai ke dalam telur orak-arik, masak hingga bumbu layu. Setelah itu, masukkan pare ke dalam wajan, aduk bersama telur dan bumbu. Lalu tambahkan garam, kaldu ayam bubuk dan gula secukupnya, koreksi rasa, masak hingga matang.
Angkat tumis pare yang telah matang, sajikan selagi masih hangat.

Baca Juga:  Resep Kuah Tahu Sawi, Sederhana Tapi Bikin Ketagihan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.