Resep Usus Goreng Sambal Bawang Super Pedas, Dijamin Bikin Ketagihan

Avatar of PortalMadura.com
Resep Usus Goreng Sambal Bawang Super Pedas, Dijamin Bikin Ketagihan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Jeroan ayam seperti ampela dan hati memang bisa dimasak dengan berbagai macam olahan. Namun selain itu, salah satu jeroan ayam yang juga bisa disajikan dengan bumbu gurih, yaitu usus.

Usus jika sudah dimasak dengan cara digoreng menggunakan bumbu ketumbar dan disajikan bersama sambal bawang, tentu sajian ini tidak akan bisa ditolak dengan mudah. Apalagi bagi Anda pecinta masakan pedas, Anda bisa membuat sendiri di rumah usus goreng sambal bawang pedas.

Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

500 gram usus ayam (cuci bersih, beri air jeruk nipis agar tidak amis)
1/2 sdt garam
1/2 sdt ketumbar
2 siung bawang
Kaldu ayam (secukupnya)
Minyak goreng

Bahan Sambal:

27 buah cabai rawit (kukus)
Garam (secukupnya)
Minyak panas (1 sdt)

Cara Membuat:

Cuci usus hingga bersih, lumuri dengan air jeruk nipis, diamkan beberapa menit. Lalu,cuci kembali hingga bersih. Kemudian, rebus usus dengan sedikit garam hingga matang, tiriskan, tunggu usus dingin dan teksturnya kesat.

Setelah itu, haluskan bumbu garam, ketumbar, kaldu ayam dan bawang putih. Campur dengan usus hingga merata. Lalu, panaskan minyak, goreng usus hingga matang dan berwarna kuning kecokelatan. Angkat, tiriskan.

Selanjutnya, buat sambal di cobek, haluskan cabai rawit. bawang putih dan garam. Jika sudah halus, siramkan minyak panas, aduk rata.

Terakhir, ambil usus yang telah digoreng, penyet-penyet di atas sambal. Sajikan bersama lalapan daun kemangi, daun selada, potongan mentimun dan kacang panjang. Usus goreng sambal bawang pedas siap dinikmati. (vemale.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.