Ribuan KK di Pamekasan Tak Punya Jamban

Avatar of PortalMadura.Com
Ribuan KK di Pamekasan Tak Punya Jamban
Ist.Net

PortalMadura.Com, – Ribuan kepala keluarga (KK) di Pamekasan, Madura, Jawa Timur sampai saat ini belum memiliki jamban. Jumlah itu tersebar di 13 kecamatan.

Dandim 0826 Pamekasan, Letk Arm, Mawardi mengatakan, pihaknya memiliki program sejuta jamban yang diperuntukkan bagi masyarakat miskin, khususnya mereka yang tidak memiliki jamban.

“Saat ini kita membangun 182 jamban, dan yang selesai dikerjakan seratus persen baru 37 unit, 25 unit pembangunannya masih 95 persen. 33 unit baru 63 persen dan 42 jamban baru dikerjakan 30 persen,” katanya, Jumat (28/8/2015).

Dari jumlah tersebut, yang masih belum selesai dikerjakan sama sekali sebanyak 45 unit. Pembangunan itu, lanjut dia, menggunakan dana program karya bakti yang dilimiliki oleh korp baju kotak-kotak tersebut.

“Ini dikhususkan bagi masyarakat yang masih belum memiliki jamban di rumahnya. Bantuan ini per-KK dengan jumlah rata-rata 14 jamban per koramil,” tandasnya.

Pembangunan sejuta jamban yang menjadi program nasional dari TNI AD tersebut diharapkan, masyarakat miskin memiliki pola hidup sehat dan tidak membuang air besar sembarangan.

Dikatakan, data sebelumnya menyebutkan bahwa masyarakat Pamekasan yang belum memiliki jamban sebanyak 4.552 KK yang tersebar di 13 kecamatan. Namun demikian, yang mendapat bantuan pembangunan jamban baru 182 KK. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.