RPJMD Diduga Asal-asalan, Partai Oposisi Ragukan Upaya ‘Pamekasan Hebat’

Avatar of PortalMadura.com
RPJMD Diduga Asal-asalan, Partai Oposisi Ragukan Upaya 'Pamekasan Hebat'
dok. Gedung DPRD Pamekasan (Foto. Hasibuddin)

PortalMadura.Com, – Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur, yang diduga menjiplak daerah lain dan asal-asalan akhirnya mendapat tanggapan dari partai oposisi, Jumat (22/2/2019).

Anggota Fraksi Partai Golkar , Rize Ikhwanul Muttaqien mengungkapkan, RPJMD merupakan dokumen penting arah pembangunan Pamekasan dalam lima tahun ke depan yang juga tertuang visi dan misi bupati terpilih. Sehingga tidak elok jika penyusunan RPJMD tersebut tidak serius dan asal-asalan.

“Dalam dokumen yang disampaikan ke DPRD, data yang ditemukan kurang akurat. Artinya, bagaimana kita mau merencanakan pembangunan dengan baik, kalau diawali dengan data yang kurang tepat,” tegas anggota Komisi I DPRD Pamekasan tersebut.

Ketua DPD Partai Golkar Pamekasan itu menambahkan, pansus DPRD telah mengembalikan dokumen RPJMD kepada eksekutif untuk diperbaiki. Tetapi sampai sekarang belum ada respon untuk tindak lanjut dari perbaikan dokumen tersebut.

“Kami menganggap ini merupakan hal penting untuk pembangunan ke depan, biar apa yang diinginkan pak Bupati yang menjadikan ‘Pamekasan Hebat' betul-betul bisa terwujud. Cuman, kalau diawali dengan data yang tidak akurat, kami meragukan,” tambahnya.

Selain masalah dugaan jiplakan dari daerah lain, dokumen tahun 2018-2023 menggunakan data lama yang seharusnya sudah di-update. Bahkan, data di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) amburadul, seperti di Dinas Pendidikan dan Dinas Kesehatan.

“Gimana mau melangkah kalau data yang sekarang belum jelas. Data itu merupakan substansi dari dokumen yang akan kita bahas, karena soal substansi, maka harus tersedia data yang lengkap dan akurat,” tandasnya.

Baca Juga : Pansel Rekrutmen Calon Sekda Pamekasan Segera Dibentuk

Sementara itu, Wakil Bupati Pamekasan, Raja'e, berjanji akan segera memperbaiki beberapa kekurangan dari RPJMD tersebut, termasuk soal penulisan yang menjadi catatan kesalahan.

“Ya nanti beberapa masukan itu, kita akan coba kroscek dan perbaiki sesuai petunjuk dan arahan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Harapan kami di bulan dua (Februari, red) ini sudah tuntas. Sehingga kita akan segera menuntaskan beberapa agenda dan program kita,” jawabnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.