Rupiah Melemah, DPRD Minta Pemerintah Buat Paket Kebijakan

Avatar of PortalMadura.Com
Rupiah Melemah, DPRD Minta Pemerintah Buat Paket Kebijakan
Ist. Net

PortalMadura.Com, – Melemahnya nilai tukar rupiah yang terjadi saat ini dipastikan akan berdampak pada berbagai sektor kebutuhan masyarakat. Utamanya, barang impor.

Ketua Komisi II Pamekasan, Hosnan Ahmadi mengatakan, secara umum terjadinya perubahan sektor ekonomi tentu saja berakibat pada setiap komoditi. Namun, setiap komoditi memiliki tekanan yang berbeda.

“Tekanan yang sangat kuat biasanya terjadi pada bahan yang secara langsung diimpor, kalau bahan pokok itu seperti kedelai. Karena kedelai itu hampir 89 persen impor,” katanya, Rabu (2/9/2015).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu menambahkan, selain kedelai, ada juga tepung yang sebagian bahannya juga impor, termasuk pola gula yang hampir separuh kebutuhan Indonesia masih melakukan impor. Sebab, lanjut dia, kebutuhan gula setiap tahun sebanyak 5,5 juta ton, sementara produksi petani hanya 2,7 ton pertahun.

“Dengan demikian, ini kan tetap berpengaruh terhadap kebutuhan pokok yang berasal dari impor. Yang tidak impor bisa jadi tidak terlalu banyak bergerak naik,” tandasnya.

Menurutnya, pemerintah harus melakukan upaya berupa paket kebijakan yang dapat mengembalikan nilai tukar rupiah kembali normal seperti sebelumnya. Walaupun ada faktor eksternal yang menjadikan dolar menguat dan rupiah menurun.

“Tapi kita kan tidak bisa selalu menyalahkan faktor eksternal untuk sebuah kejadian yang ada di dalam. Kalau kita bisa bertempur, bisa jadi kejadian eksternal itu tidak berpengaruh, kalau toh berpengaruh tidak signifikan,” tambah dia.

Dampak melemahnya nilai tukar rupiah ini akan dirasakan oleh masyarakat kecil, tidak bagi orang yang ekonominya di atas rata-rata. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.