Rutin Konsumsi Tomat? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan

Avatar of PortalMadura.Com
Rutin Konsumsi Tomat? Ini 5 Manfaat yang Bisa Anda Dapatkan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tomat merupakan salah satu buah yang umum dikonsumsi sebagian besar orang. Namun dalam penggunaanya paling sering dijadikan sebagai sayuran. Vitamin C yang terkandung dalam buah ini diyakini dapat meningkatkan kekebalan tubuh seseorang.

Selain itu, tomat yang kaya akan nutrisi dan antioksidan juga dapat membantu mengatasi beberapa penyakit serta membuat kesehatan Anda terjaga.

Berikut lima manfaat mengonsumsi tomat bagi kesehatan Anda:

Memperbaiki Penglihatan
Vitamin A dalam tomat membantu meningkatkan kesehatan mata serta mencegah rabun senja dan degenerasi makular (hilangnya penglihatan karena kerusakan bagian tengah retina).

Membantu Memerangi Kanker
Menurut studi, tomat kaya akan likopen, dan antioksidan yang efektif menurunkan risiko kanker, terutama kanker paru-paru, perut, serta prostat.

Menjaga Kesehatan Darah
Penelitian menunjukkan, satu buah tomat bisa memberi sekitar 40 persen vitamin C harian yang diperlukan tubuh.

Tomat juga mengandung vitamin A, potassium, dan zat besi yang diperlukan untuk menjaga darah tetap normal. Kandungan vitamin K dalam tomat pun membantu mengontrol dan mencegah penyumbatan darah.

Mengurangi Risiko Penyakit Jantung
Likopen dalam tomat melindungi Anda dari penyakit kardiovaskular. Mengonsumsi tomat secara rutin juga membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida dalam darah, serta mengurangi endapan lemak dalam pembuluh darah.

Baik untuk Kesehatan Pencernaan
Mengonsumsi tomat setiap hari bisa membantu sistem pencernaan tetap sehat karena bisa mencegah konstipasi dan diare. Rutin mengonsumsi tomat juga mencegah jaundice dan efektif mengeluarkan racun dari tubuh.

Perlu Anda ketahui, meski tomat memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun sebaiknya tidak mengonsumsinya secara berlebihan untuk sebagian orang. Sebab, konsumsi tomat berlebih bisa memicu sensasi terbakar pada kerongkongan dan masalah pencernaan, seperti naiknya asam lambung. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.