Saat Gerhana Total Jarak Bulan ke Bumi 223.068 Mil, Hal Serupa Terjadi 19 Tahun Lagi

Avatar of PortalMadura.Com
Saat Gerhana Total Jarak Bulan ke Bumi 223.068 Mil, Hal Serupa Terjadi 19 Tahun Lagi
dok. Screenshot Gerhana Bulan Total, Super Blue Blood Moon, Live Youtube, Rabu (31/1/2018)

PortalMadura.Com – Saat () berlangsung, Rabu tanggal , jarak Bulan ke Bumi sekitar 223.068 mil. Biasanya, Bulan cuma berjarak 238.855 mil dari Bumi.

National Aeronautics and Space Administration (NASA) menyebutkan, dampaknya, Bulan akan tampak lebih besar. besarnya bisa mencapai hingga 14 persen. Selain itu, Bulan juga akan tampak lebih terang 30 persen dari biasanya.

Selain itu, Bulan juga akan memendarkan warna merah bercampur biru dan membuat penampakan Super Blue Blood Moon tampil cantik dan menakjubkan.

Supermoon adalah fenomena di mana Bulan akan lebih terang 30 persen dan 14 persen lebih besar dari biasanya. Bahkan, penduduk di wilayah Asia akan melihatnya menutupi lintasan bintang Aldebaran sebelum purnama.

Blue Moon merupakan fenomena di mana Bulan tampak kebiru-biruan. Peristiwa Blue Moon terakhir terjadi pada Juli 2015. Setelah itu, Blue Moon akan muncul kembali dalam kurun waktu 19 tahun lagi.

Baca : Live, Ini Penampakan Gerhana Bulan Total Malam Ini

Blood Moon sendiri terjadi saat Bumi melewati antara Bulan dan Matahari. Akibatnya, Bulan memiliki warna kemerahan jika dilihat dari Bumi. Sebabnya karena cahaya yang dipantulkan dari Bumi dan Matahari menciptakan warna mirip seperti darah.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.