oleh

Sakit Tenggorokan Karena Flu? Obati dengan 5 Bahan Alami Ini

PortalMadura.Com – Sakit tenggorokan, hidung tersumbat, mata panas, bersin-bersin, semua itu merupakan ciri-ciri flu menyerang. Saat seperti inilah tubuh merasa tidak nyaman karena kadang disertai demam. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit tenggorokan. Salah satunya dengan mengunyah permen mint yang bisa melegakan tenggorokan.

Namun, tidak ada salahnya jika Anda kembali ke bahan-bahan alami agar lebih aman dibanding obat yang mengandung bahan kimia yang tentu saja ada efek sampingnya. Apa saja?.

Berikut penjelasannya:

Cengkeh
Mengunyah sepotong cengkeh diketahui membantu menyingkirkan peradangan. Dan sifat antibakteri di dalamnya bermanfaat untuk mengusir bakteri penyebab sakit tenggorokan.

Bawang Putih
Bawang putih penuh dengan sifat anti mikroba yang membantu menenangkan sakit tenggorokan. Kunyah di malam hari agar tenggorokan terasa lega keesokan harinya.

Jahe
Selain bawang putih, Anda juga bisa memanfaatkan jahe untuk menghilangkan lendir yang membuat tenggorokan tidak terasa lega. Diketahui jahe memiliki sifat anti bakteri yang membantu melawan bakteri Streptococcus yang jadi penyebab infeksi.

Gula Batu
Pengobatan Ayurveda menyebutkan bahwa mengulum gula batu bermanfaat untuk mengobati sakit tenggorokan yang mengganggu.

Licorice
Licorice juga bermanfaat untuk mengobati infeksi tenggorokan karena sifatnya yang menenangkan dan anti bakteri. (merdeka.com/Desy)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE