oleh

Sambung Nyawa, Tanaman Ini Memiliki Manfaat Luar Biasa Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Mungkin sebagian masyarakat Indonesia sudah tak asing lagi dengan tanaman sambung nyawa ini.

Tumbuhan yang sering disebut dengan nama sambung nyowo atau akar sebiak ini sudah dikenal manusia Nusantara sebagai tanaman obat yang kaya akan khasiat dan manfaat.

Tanaman sambung nyawa ini mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan tubuh seperti minyak asirin, saponin, dan flavonida serta memiliki sifat mendinginkan dan anti radang.

Lantas apa saja manfaat dari tanaman ini? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Kolesterol tinggi

Ambil tujuh sampai dua belas daun sambung nyawa. Cuci bersih lalu makan sebagai lalap, lakukan setiap hari sekali secara teratur.

Ginjal

Ambil tujuh sampai dua belas daun sambung nyawa, cuci bersih tambahkan kice (buah goji yang tumbuh di Himalaya dan di jual di toko cina) sekitar 6 – 15 gram. Rebus dengan tiga gelas air hingga menjadi satu gelas, diamkan hingga dingin lalu saring. Minum sehari sekali secara teratur.

Maag

Ambil tiga daun sambung nyawa, cuci bersih dan makan sebagai lalap. Makanlah sehari tiga kali secara teratur, bisa sebelum atau pun sesudah makan.

Darah tinggi

Ambil tujuh lembar daun sambung nyawa. Cuci bersih kemudian dimakan sehari sekali sebagai lalapan. Bisa juga ditumis atau dikukus sebentar sebelum dimakan atau dibuat jus. Lakukan hal ini dengan rutin.

Tumor

Makan tiga lembar daun sambung nyawa segar sebagai lalapan setiap hari. Jangan lupa dicuci bersih. Lakukan secara teratur setiap kali makan nasi.
Pantangannya: ikan asin, cabai, tauge, tape, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkeng, nangka es, alkohol, limun dan vetzin.

Tetanus

Siapkan bahan berupa lima lembar daun sambung nyawa, asam tengguli 3 jari, rimpang kencur 2 jari, rimpang bangle setengah jari, daun sambung 10 lembar, gula enau 3 jari. Semua bahan dipotong-potong dan direbis dengan air sebanyak empat gelas hingga mendidih dan tersisa tiga gelas. Dinginkan dan saring, kemudian minum tiga kali sehari sebanyak satu gelas. (ssberberita.com/choir)