Sampah Berserakan di Pulau Mandangin

Avatar of PortalMadura.Com
Air Laut Pulau Mandangin Jernih
dok. Pulau Mandangin

PortalMadura.Com, – Pulau Mandangin, Kecamatan Kota Sampang, Madura, Jawa Timur yang menjanjikan keindahan pasir putih dan terumbu karang yang mengelilingi pulau, serta religi yakni situs makam Bangsacara Ragapatmi bakal sirna jika prilaku warga tidak segera dibenahi.

Berbagai jenis sampah telah mengotori pantai. Ikan hias berkualitas tinggi tak lagi mendekat. Bahkan, kerusakan terumbu karang mulai terjadi. Diakui Indah Nursiskawati, Kasie Sarana Prasarana Pariwisata Pemkab Sampang. “Sampah memang berserakan mengelilingi bibir pantai termasuk kotoran manusia,” ujarnya, Jumat (31/10/2014).

Pola pikir masyarakat setempat, sambungnya, perlu dibenahi bersama, sehingga tidak merusak potensi dan kekayaan alam Pulau Mandangin. Pulau yang dihuni 19 ribu jiwa lebih dan mempunyai tiga dusun, yakni Dusun Barat terdiri dari 6 RT, Dusun Kramat terdiri dari 5 RT, dan Dusun Candin terdiri dari 5 RT akan menjadi salah satu jujukan wisata jika digarap optimal.

Meski kendala cukup kompleks dalam mengembangkan Pulau Mandangin sebagai jujukan salah satu wisata di Sampang, tidak menyurutkan M. Mahdi, Kasie Pengembangan SDM dan Promosi Budaya Pemkab Sampang.

“Untuk sementara, ada dua yang perlu diangkat yaitu situs Bangsacara Ragapatmi dan ‘rokat tasek' tahunan,” katanya.

Yang paling penting, sambungnya, perlu ada pembinaan terus menerus guna mendorong pola pikir warga agar mau membangun serta menjaga kekayaan yang dimiliki. “Integritas antar instansi untuk mengembangkan Pulau Mandangin juga perlu konsep yang matang,” pungkasnya.(det/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.