Sapi Madura Jadi Pilihan Hewan Kurban di Indonesia

Avatar of PortalMadura.Com
hewan kurban
ilustrasi frontroll

PortalMadura.Com, – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur menyebut 20 persen sapi Madura disuplai ke sejumlah daerah di Indonesia untuk penyediaan saat hari raya Idul Adha pada tanggal 12 September mendatang.

Kepala Disnak Pamekasan, Bambang Prayogi mengatakan, berdasarkan pantauan di sejumlah pasar tradisional yang menyediakan sapi Madura didapat, sekitar 1.000 sapi asli Madura dikirim ke sejumlah daerah. Seperti Banyuangi, Jember, Probolinggo hingga Jakarta.

“Dipilihnya sapi Madura sebagai hewan qurban di sejumlah daerah karena harganya terjaukau. Selain itu karena tekstur dagingnya lembut dan berserat kecil,” katanya, Selasa (6/9/2016).

Dikatakan Bambang, sapi Madura yang dikirim ke daerah Banyuangi, Probolinggo dan Jember menggunakan transportasi laut. Sementara sapi yang dikirim ke Jakarta menggunakan transportasi darat.

“Sekitar 20 persen sapi Madura itu dikirim ke luar daerah. Yaitu sapi dari Kabupaten Sampang dan Sumenep. Karena sapi yang ada di pasar Keppo itu tidak hanya dari Pamekasan,” tandasnya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.