Satu Sumor Bor di Pantura Tak Bisa Difungsikan

Avatar of PortalMadura.Com
Satu Sumor Bor di Pantura Tak Bisa Difungsikan
ilustrasi. net

PortalMadura.Com, Kekeringan menjelang musim kemarau di pantura Pamekasan, Madura, Jawa Timur rupanya tidak akan teratasi. Pasalnya, satu sumur bor milik perusahaan daerah air minum (PDAM) setempat di Dusun Jurang Dalem, Desa Dempo Barat, Kecamatan Pasean, tidak dapat difungsikan.

Direktur PDAM Pamekasan, Agoes Bachtiar mengaku, keberadaan sumur bor tersebut tidak memenuhi syarat untuk beroperasi lantaran mata airnya terlalu kecil. Ketika nanti dipaksa untuk difungsikan, maka yang dirugikan adalah masyarakatnya sendiri.

“Karena tidak memenuhi syarakat mau dimana lagi. Makanya tidak mungkin untuk dieksplorasi,” kilahnya, Kamis (28/5/2015).

Ketika ditanya soal nasib warga Desa Dempo Barat yang sekarang sudah mulai krisis air bersih, Agoes mengaku akan mengalirkan air dari sumur bor yang ada di Desa Tlontoraja Kecamatan Pasean. Mengingat, satu satunya sumur bor milik perusahaan berplat merah di pantura tersebut dianggap mampu memenuhi kebutuhan air pelanggan.

“Untuk wilayah yang sekarang mulai krisis air, nanti akan kami komunikasikan dan disurve dulu. Untuk aliran air dari sumur bor di Desa Tlontoraja, kami menunggu pelanggan dulu untuk dialirkan ke wilayah selatan sampai ke Kecamatan Waru,” tandasnya.

Untuk Desa Dempo Barat saja yang sekarang mulai kekurangan air bersih adalah di Dusun Jurang Dalem, Bancek dan Dusun Potreh. Tapi, sampai saat ini belum ada perhatian dari pemerintah kabupaten.

“Saya kasihan kepada warga di tiga dusun itu, sebab untuk memenuhi kebutuhan air setiap hari saja masih harus ngangkut dari dusun tetangga. Ada yang mengais sisa tampungan air hujan,” kata Zainal Abidin warga Dusun Pandian Desa Dempo Barat. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.