Sawi, Si Hijau Yang Kaya Manfaat Untuk Ibu Hamil

Avatar of PortalMadura.Com
Sawi, Si Hijau Yang Kaya Manfaat Untuk Ibu Hamil
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menjaga asupan nutrisi bagi merupakan hal penting yang tak boleh Anda abaikan. Salah satu bahan makanan yang amat dianjurkan untuk Anda konsumsi dalam jumlah yang cukup yaitu sayur-sayuran.

Salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat bagi ibu hamil adalah sawi. Sawi hijau mengandung sejumlah nutrisi yang mewakili vitamin, mineral dan juga antioksidan. Jika dikonsumsi secara teratur maka akan memberikan manfaat yang luar biasa untuk kesehatan ibu hamil dan juga tumbuh kembang janin didalam kandungan.

Lalu apa saja manfaat sawi hijau untuk ibu hamil dan janin? Berikut ini beberapa manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi sawi pada waktu hamil.

Membantu Proses Pembekuan Darah pada Janin
Mengonsumsi makanan yang kaya akan kadar vitamin K selama hamil akan sangat bermanfaat bagi Anda dan bayi Anda. Sebab, semua bayi membutuhkan  vitamin K saat mereka lahir untuk membantu proses pembekuan darah mereka. Nah, sawi merupakan salah satu bahan makanan sumber vitamin K yang bisa Anda andalkan. Sebab, satu cangkir rebus sawi hijau memberikan 770 mikrogram vitamin K, yaitu lebih dari 100% dari kebutuhan harian yang direkomendasikan.

Menjaga Kadar Gula Darah
Saat hamil, wanita sangat rentan terserang diabetes. Salah satu cara mencegah terjadinya diabetes saat hamil ini adalah dengan mengonsumsi sawi. Sebab, sawi hijau mengandung manfaat antioksidan yang dikenal sebagai alpha-lipoic acid, yang telah terbukti membuat kadar glukosa yang lebih rendah.

Membuat Tidur Lebih Nyenyak
Kandungan kolin dalam sawi hijau merupakan nutrisi penting untuk membantu Anda tidur lebih nyenyak pada malam hari serta membantu pergerakan otot dan persendian. Seperti diketahui, saat hamil, terutama jika sudah memasuki trisemester ketiga, kita seringkali memiliki gangguan tidur karena postur tubuh yang berubah. Selain itu, kita juga mengalami kesulitan bergerak karena sendi-sendi yang merenggang. Nah, salah satu solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengonsumsi cukup kolin yang terkandung dalam sawi.

Memperbaiki Mood
Sayur sawi juga mengandung asam folat yang berguna untuk mengoptimalkan perkembangan otak dan organ-organ penting pada janin. Disamping itu, asam folat juga bermanfaat dalam mencegah stres dan depresi yang bisa mempengaruhi mood ibu hamil.

Mengkonsumsi sawi akan mencegah pembentukan homosistein secara berlebihan. Jika produksi homosistein berlebihan maka akan mempengaruhi hormone bahagia atau serotonin. Maka dari itu tambahkan sawi dalam menu makan harian Anda selama menjalani masa kehamilan.

Nah, demikian beberapa manfaat sawi untuk ibu hamil yang perlu Anda ketahui. Konsumsi secara teratur selama hamil untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian Anda dan janin. Semoga bermanfaat. (solusisehatku.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.