SD Card Anda Tak Terbaca? Ikuti 4 Langkah Ini untuk Perbaikinya

Avatar of PortalMadura.com
SD Card Anda Tak Terbaca? Ikuti 4 Langkah Ini untuk Perbaikinya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap pengguna smartphone atau kamera digital membutuhkan memori eksternal untuk menunjang penyimpanan data.

Tapi saat menggunakannya, sebagian orang pernah mengalami masalah seperti memori yang tidak terbaca. Hal ini tentu akan menyulitkan Anda saat memindahkan data bukan?.

Nah solusinya, berikut ada 4 tips untuk memperbaiki rusak atau tidak terbaca:

Membersihkan Kartu Memori
Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan memori card yang tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget.

Selanjutnya, Anda bisa membersihkan lempengan tembaga yang berwarna kuning keemasan dengan penghapus pensil warna putih dan gosok perlahan hingga bersih.

Saat sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori, kemudian periksa apakah kartu memori sudah terbaca.

Format dari Android
Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membuat kartu memori kembali terdeteksi adalah dengan memformatnya dari perangkat Android. Caranya, masuk ke menu Setting kemudian pilih opsi Storage. Di dalam menu tersebut, terdapat pilihan Erase SD card.

Dengan menghapus SD card, Anda bisa membuat memorinya bersih seperti baru dan memori pun bisa dibaca kembali.

Cek Error dari PC
Anda juga bisa mengecek error yang terjadi pada memori card melalui Personal Computer (PC). Caranya, hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data. Kemudian pastikan Android Anda terhubung dalam mode Mass Storage (MSC), bukan Media Transfer Mode (MTP).

Selanjutnya, buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties kemudian Tools, kemudian Error Checking. Selanjutnya tunggu hingga semua proses selelai. Kemudian, Eject kartu memori, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Format dari PC
Jika kartu memori (micro SD) terbaca dan terlihat baik-baik saja di komputer tetapi tidak terbaca di Android, Anda bisa membuka folder baru di HardDisk untuk mem-backup isi kartu memori yang rusak.

Kemudian, Copy seluruh isi kartu memori lalu Paste ke dalam folder tadi. Jika sudah tersalin semua, format kartu memori tersebut. Kemudian, kembalikan semua data-data yang ada di folder ke dalam memori yang sudah diformat. (Liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.