Sebelum Beli, Ini 5 Cara Pilih Kartu MicroSD untuk Smartphone

Sebelum Membeli, Ini 5 Cara Pilih Kartu MicroSD untuk Smartphone
Cara memilih kartu Micro SD untuk Android

PortalMadura.Com – Saat ini hampir semua orang menggunakan smartphone android, dari anak-anak, remaja bahkan orang tua sudah mulai ketergantungan pada alat komunikasi ini. Namun ternyata, tidak smua vendor ponsel Android merilis smartphone dengan dukungan slot microSD. Meskipun para penggunanya banyak yang berminat.

Perlu diketahui bahwa performa microSD sangat bergantung pada kelas dan kecepatan, serta kemampuan smartphone Anda. Lantas bagaimana cara memilih ? Ini ha-hal yang perlu Anda perhatikan:

Pastikan Perangkat Mendukung Kartu MicroSD
Sayangnya, tidak semua smartphone memiliki dukungan ke slot microSD, dan justru menyebut vendor telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar.

Oleh karenanya, pastikan smartphone Android Anda memiliki dukungan slot microSD agar bisa memperluas ruang penyimpanan internal.

Perbedaan SDHC dan Micro SDXC
Saat membeli kartu micro SD, pastikan Anda mengetahui perbedaan antara SDHC dengan SDXC. Perbedaannya terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.

Baca Juga

SDHC atau secure digital high capacity bisa menyimpan hingga 32GB sedangkan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data mulai 64GB dan di atasnya.

Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tidak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC.

Arti Class pada Sebuah Kartu MicroSD
Kartu microSD hadir dalam beberapa kelas atau class, misalnya 2, 4, 5, dan 10. Apa artinya? Rupanya, class menunjukkan tingkat minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan transfer data.

Singkat kata, untuk Class 2, artinya microSD bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada 10Mbps.

Maksud UHS Pada Kartu MicroSD
Sejak 2009, kartu microSD tertentu kompatibel pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, USH bisa dibilang kecepatan transfer data mencapai 312Mbps.

Saat ini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. Karenanya, kecepatannya sangat berbeda dengan kecepatan kartu microSD yang ada saat ini.

Micro SD yang Lebih Baik Bisa Mempercepat Kinerja Smartphone
Pertanyaan utama yang diajukan dalam memilih microSD adalah, apakah semakin baik kartu micro SD akan meningkatkan kinerja smartphone? Jawabannya ‘iya’.

Jika Anda menyimpan aplikasi dan foto pada kartu microSD, maka microSD yang memiliki kecepatan lebih tinggi bakal menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data saat mentransfer file, serta menyimpan aplikasi lebih cepat.

Sedangkan jika membuka aplikasi yang ada di memori internal smartphone pasti akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat.

Jadi, sudah siap untuk memilih kartu microSD sesuai dengan kebutuhan kamu? (liputan6.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.