oleh

Sedapnya Sup Tom Yum Udang Ceker Pedas, Yuk Coba Bikin

PortalMadura.Com – Makanan yang berkuah dan hangat sangat mantap dimakan saat musim hujan. Salah satu rekomendasi makanan yang bisa Anda cicipi yaitu sup tom yum udang ceker pedas.

Selain rasanya yang segar dan gurih, makanan ini cocok bagi Anda penyuka masakan pedas. Nah, jika Anda kebetulan punya udang dan ceker, yuk buat sendiri di rumah. Sekalian masakin buat keluarga.

Bagaimana caranya?. Yuk intip langkah-langkahnya di bawah ini:

Bahan-bahan:

10 ekor udang utuh
10 buah ceker ayam
5 butir bakso ikan
Jamur kuping secukupnya
Jamur enoki (bisa diganti jamur tiram)

Bumbu kasar:

2 batang serai, ambil putihnya saja, geprek
1 ruas jahe, geprek
1 ruas lengkuas, geprek
4 lembar daun jeruk
3 sdm air perasan jeruk nipis
2 sdm kecap asin
1 buah tomat merah, potong-potong
Garam dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:

3 siung bawang putih
5 butir bawang merah
2 butir kemiri
4 buah cabai rawit
2 buah cabai keriting

Cara Membuat:

Rebus air hingga mendidih, masukan udang dan masak hingga mendidih untuk dijadikan kaldu. Setelah kurang lebih 10 menit mendidih. Matikan dan saring air kaldunya.

Rebus ceker dengan sedikit garam hingga matang atau kurang lebih 20 menit di panci lain, tiriskan. Didihkan lagi kaldu udangnya, masukan ceker ke dalam air kaldu bersama bakso dan jamur kuping.

Tumis bumbu halus, masukan daun jeruk, serai, lengkuas dan jahe. Masak bumbu hingga matang. Tuang ke dalam kaldu yang mendidih. Tambahkan garam dan kaldu bubuk jika diperlukan.

Masak hingga kuah sedap dan meresap pada ceker. Jadi deh, tom yum udang ceker siap disajikan dengan mie atau bihun sebagai tambahan. Sedapnya tom yum yang asam pedas pasti menggugah selera.

Rewriter: Putri Kuzaifah
Sumber: vemale.com

Komentar