Segudang Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Segudang Manfaat Buah Kundur Untuk Kesehatan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Buah Kundur atau beligo adalah tumbuhan merambat yang dijadikan sayuran oleh masyarakat Indonesia.

Buah Kundur berbentuk bulat panjang, berdaging dengan panjang 15-20 cm berwarna hijau keputih-putihan karena tepung/bedak kapur yang dihasilkan oleh tumbuhan itu sendiri. Bijinya keras berbentuk pipih berwarna putih dengan panjang 6-7 mm, lebar 5-6 mm.

Buah dengan nama latin benincasa hispida ini mengandung saponin, disamping itu buah dan kulit buahnya juga mengandung flavonoida dan tanin dan bijinva juga mengandung polifenol.

Selain dibuat manisan buah kundur ternyata sangat bermanfaat bagi kesehatan. Apa saja itu? Yuk simak!

Menurunkan Berat Badan
Buah kundur memiliki kandungan kalori yang cukup rendah. Dari 100 gr sajian hanya menyumbangkan 13 kcal kalori. Oleh karena itu para ahli diet sangat merekomendasikan buah kundur untuk program penurunan berat badan.

Menurunkan Resiko Kanker
Salah satu keunggulan buah kundur adalah dengan terkandungnya manfaat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan alami dalam tubuh. Fungsi vitamin C dalam buah kundur bermanfaat untuk membantu menangkal radikal bebas yang mengembangkan resiko perkembangan kanker.

Menurunkan kolesterol
Kolesterol adalah metabolit yang mengandung lemak sterol pada membran sel yang disirkulasikan dalam darah. Buah kundur mengandung serat yang cukup tinggi, namun tingkat kandungan kalori  di dalamnya cukup rendah.

Kandungan serat berfungsi untuk membantu penyerapan karbohidrat dan lemak dalam tubuh, serta membantu pembuangan sisa-sisa zat makanan yang telah diserap tubuh dalam bentuk tinja.

Menghilangkan Racun dalam Tubuh
Mengkonsumsi jus buah kundur dapat membantu tubuh menetralkan kandungan racun dalam tubuh, yang terbawa oleh makanan, minuman ataupun udara yang kita hirup.

Mengobati Asma
Buah kundur memiliki sifat balancing vata, pitta dan kapha (keseimbangan tridosha). Karena sifat ini membantu tubuh untuk mendapatkan sensasi dingin pada tubuh. Karena itu sangat membantu dalam mengobati asma.

Dapat Mendinginkan Tubuh
Buah kundur sangat kaya akan air, kandungan air di dalam buah beligo mencapai 97%. Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa air merupakan salah satu komponen terpenting dalam tubuh, sebagian besar dari tubuh kita terdiri atas unsur air.

Salah satu manfaat air bagi tubuh yaitu sebagai zat pengatur. Selain itu, air juga sangat berperan dalam melarutkan zat makanan serta membantu penyerapan nutrisi bagi tubuh. Oleh karena itu buah kundur dipercaya mampu mengatasi gejala panas dalam, demam, radang tenggorokan, serta bibir pecah-pecah.

Bagi anda yang sulit mengkonsumsi obat,mungkin buah kundur dapat menjadi salah satu alternatif terbaik untuk pengobatan penyakit anda. (manfaat.co.id/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.