Selain Olahraga, Ini 7 Cara Asyik Bakar Kalori Ekstra

Avatar of PortalMadura.com
Selain Olahraga, Ini 7 Cara Asyik Bakar Kalori Ekstra
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Manfaat berolahraga salah satunya adalah tubuh menjadi sehat. Membakar dengan berolahraga dirasa menjadi cara ampuh oleh sebagian orang. Padahal, bernafas pun juga bisa membakar kalori, hanya saja kalori yang terbakar jauh lebih sedikit daripada tubuh yang aktif bergerak.

Bagi Anda yang tidak suka atau tidak sempat berolahraga, sebaiknya melakukan 7 aktivitas ini yang ternyata juga bisa membakar kalori ekstra. Semua aktivitas ini menyenangkan khususnya bagi Anda para wanita. Apa saja itu?. Berikut penjelasannya:

Karaoke
Menyanyi diketahui bermanfaat untuk membangkitkan semangat. Menyanyi mampu mengeluarkan hormon endorfin yang diketahui bisa membuat orang merasa senang. Kegiatan ini juga mampu menurunkan kadar kortisol yang keluar saat seseorang merasa stres. Kalori terbakar lewat aktivitas menyanyi karena adanya pola pernapasan tertentu yang harus dilakukan. Ditambah dengan otot yang ikut berkontraksi, menyanyi bisa membakar hingga 136 kalori ekstra per jam.

Memotret Makanan
Saat ini adalah zaman di mana memotret makanan adalah hal yang lumrah. Rupanya, ada manfaat tersendiri yang bisa didapat ketika Anda memotret menu berbuka atau sahur spesial, yaitu kalori yang terbuang. Bukan karena pose-pose aneh yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan angle terbaik, tetapi karena penikmat potret makanan yang akan berhati-hati mengonsumsi makanan.

“Memotret makanan dan melihat hasilnya bisa membuat orang berhenti dan berpikir sebelum makan,” ucap ahli gizi Joan Salge Blake, Ini membuat mereka lebih sadar akan kalori yang masuk ke dalam tubuh sehingga menurunkan risiko seseorang menyantap makanan dengan sesuka hati.

Berkebun
Berkebun memiliki potensi untuk memangkas hingga 250 kalori ekstra per jam. Kegiatan seperti menanam bibit pohon atau bunga, menyiram, memberi pupuk, hingga menggali sudah tentu memakan banyak energi. Selain membuat Anda jadi lebih sehat, berkebun tentu bisa membuat pekarangan rumah terlihat lebih indah dan rapi.

Meditasi
Meditasi memiliki beberapa manfaat termasuk menjaga tekanan darah, menurunkan risiko stres, meningkatkan kebahagiaan, hingga meningkatkan daya ingat. Meditasi sebelum berbuka puasa bisa menurunkan keinginan Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori. Lakukan minimal 12 menit meditasi secara teratur untuk mendapatkan manfaat yang maksimal.

Memasak
Mempersiapkan menu lengkap dan bernutrisi memang tidak mudah. Memasaknya pun membutuhkan proses, dari mengupas, mencincang, memotong, menumis, hingga menyiapkan peralatan makan. Kombinasi kegiatan ini yang memiliki total waktu 40 menit rupanya bisa membakar hingga 128 kalori. Ditambah lagi bonus kalori terbuang ketika Anda membereskan dapur dan meja makan setelah selesai makan.

Berbelanja
Tidak harus ke mall, ke toserba atau pasar swalayan besar pun tidak masalah. Berkeliling membawa tas belanja atau kereta dorong mampu membakar kalori ekstra lebih besar dibandingkan ketika Anda duduk atau berdiri. Meskipun dalam kecepatan lambat, berjalan mampu menghabiskan lebih dari 130 kalori selama 15 menit.

Menonton Film Horor
Film horor mampu menstimulasi peningkatan hormon adrenalin sehingga memicu kerja pompa darah untuk membakar kalori secara maksimal. Bahkan, jumlah kalori yang terbuang bisa mencapai 113 kalori. Pilih film yang benar-benar menguji keberanian Anda agar manfaat pembakaran kalori lebih banyak.

“Pelepasan adrenalin ini cepat dan dihasilkan ketika mendapatkan tekanan tinggi, atau dalam kasus ini, saat rasa takut, yang diketahui dapat menurunkan nafsu makan, meningkatkan tingkat metabolisme atau energi yang dikeluarkan saat beristirahat,” ucap spesialis metabolisme, Richard Mackenzie. (detik.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.