oleh

Semarak Hari Jadi ke 750, ‘Sumenep Rumah Kita’

PortalMadura.Com, Sumenep – Rangkaian peringatan Hari Jadi ke 750 Sumenep, Madura, Jawa Timur, berlangsung spektakuler, di depan Masjid Jamik Sumenep. Semarak Hari Jadi ini berlangsung Minggu (27/10/2019) malam.

Beragam kesenian dan budaya khas Sumenep tersaji apik, dari Tari Muang Sangkal hingga sajian Suku Bajo. Tarian kolosal dan drama musikal penyambutan Arya Wiraraja sebagai Adipati Pertama Sumenep mendapat sorotan ribuan mata penonton.

Dengan tajuk ‘Sumenep Rumah Kita’ juga menampilkan 200-an pemusik hadrah, lebih dari 200 penari, 180 penampil drama kisah Sumenep Rumah Kita, penampilan musik tradisional Saronen dari 20 grup, tari topeng, kirab 750 empu keris, dan 200-an penari Muang Sangkal.

Drama kolosal yang mampu memukau penonton tersebut, menyajikan kisah Arya Wiraraja yang dilantik menjadi Adipati Sumenep usia 37 tahun. Wujud kegembiraan masyarakat Sumenep disambut dengan membawa persembahan berupa hasil bumi.

Loading...
Semarak Hari Jadi ke 750 Sumenep (@portalmadura.com)

Bupati Sumenep, A. Busyro Karim menyampaikan, beragam sajian yang ditampilkan adalah sebuah gambaran bahwa keberagaman yang dikelola dengan baik dapat menjadi kekuatan yang sempurna untuk membangun bangsa.

“Kita bisa melihat, dari berbagai bahasa, suku, dan penampilan yang berbeda-beda, ketika diramu ternyata menjadi kekuatan yang luar biasa,” katanya.

Menurutnya, beragam suku, budaya dan bahasa sangat beragam dan ada di Sumenep. Kondisi Sumenep sangat majemuk. “Ini potensi yang perlu terus digali dan dijaga untuk membangun Sumenep sebagai rumah kita,” tandasnya.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar