oleh

Sembelit di Pagi Hari ?Atasi dengan 4 Asupan Ini

PortalMadura.Com – Sembelit merupakan salah satu penyakit yang sangat mengganggu aktivitas kita terutama di pagi hari. Jika sudah terkena sembelit, biasanya orang mengeluh perutnya merasa tidak nyaman serta merasakan sakit ketika Buang Air Besar (BAB).

Beberapa penyebab sembelit adalah dehidrasi, pola diet yang salah, terkena penyakit tertentu dan kurang mendapat asupan serat yang cukup. Untuk itu penting diketahui asupan apa saja yang mampu mengusir sembelit.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 4 asupan yang dapat mengatasi sembelit di pagi hari.

Bayam

Sayuran yang identik dengan kartun Popeye ini selain bagus untuk kesehatan tubuh juga dapat mengatasi sembelit yang berkepanjangan. Bayam mengandung sekitar 2,4 gram serat setiap 100 gram yang kita konsumsi. Dengan begitu artinya kita sudah memenuhi 10 persen kebutuhan serat harian.

Pepaya

Loading...

Buah pepaya memang terkenal memiliki kandungan serat yang tinggi dan dapat melancarkan Buang Air Besar seseorang. Dalam 140 gram pepaya mentah mengandung sekitar 2,5 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Enzim Papain yang dimiliki oleh buah pepaya juga berkontribusi melancarkan saluran pencernaan.

Ubi

Ubi bisa menjadi pilihan yang nikmat bagi kamu yang sedang mengalami sembelit. Pada sebuah ubi berukuran sedang seberat 114 gram mengandung sekitar 3,8 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh, 15 persen dari kebutuhan serat harian. Untuk hasil yang maksimal ubi bisa dimasakn dengan cara direbus, dipanggang atau ditumbuk.

Kiwi

Buah kiwi yang memiliki rasa asam memiliki manfaat untuk mengatasi sembelit di pagi hari. Dalam 76 gram buah kiwi yang kamu konsumsi terdapat sekitar 2,3 gram serat yang dibutuhkan oleh tubuh. Dalam sebuah studi orang yang mengonsumsi 2 buah kiwi setiap hari mampu mengatasi masalah sembelit, bahkan mengalami pola BAB dengan lebih beratur.

Jadi itulah makanan yang dapat membantu anda saat sembelit di pagi hari. (detik.com/Anek)



Komentar