oleh

Sempat Anjlok, Harga Rumput Laut Membaik

SUMENEP (PortalMadura) – Petani rumput laut di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mulai tersenyum. Harga rumput laut saat ini naik dan dipatok Rp 2.000 perkilo dari sebelumnya yang sempat anjlok Rp 1.500 perkilo.

Salah seorang petani rumput laut, Mathari (50), di Dusun pasar daya, Desa Talango, kecamatan Talango, Sumenep mengatakan, kualitas rumput laut saat ini cukup bagus dan berdampak positif pada harga.

“”Alhamdulillah, pada musim panen kali ini kualitasnya bagus. Harganya juga melonjak,” katanya, Senin (3/3/2014)

Pada musim panen sebelumnya, petani rumput laut di Talango, hanya mendapat penghasilan Rp 300 ribu perancak/petak (tempat budidaya rumput laut terbuat dari bambu bersegi empat). Sementara bagi petani yang kurang beruntung, hanya mampu mengembalikan biaya produksi budidaya.

Saat ini, petani rumput laut mampu meraup keuntungan  Rp 600 ribu sampai Rp 700 ribu perancak/petak. Sementara modal yang dikeluarkan petani dalam perancak/petaknya, sebesar Rp 600 ribu, dengan total bibit 4 kwintal.

Untuk harga rumput laut kering Rp 12 ribu perkilo, rumput laut basah Rp 2.000 perkilo, sedangkan untuk harga bibit siap tanam  Rp 3 ribu perkilonya. Dan hasil panen rumput laut dalam perancak/petaknya mencapai 1,5 ton, dari 4 kwintal bibit yang ditanam tersebut.(udien/htn)


Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE