Serapan Gabah Petani Kalianget Sumenep Capai 11.779 Kg

Avatar of PortalMadura.Com
Serapan Gabah Petani Kalianget Sumenep Capai 11.779 Kg
TNI Lakukan Pengawalan Serapan Gabah

PortalMadura.Com, Koramil 02 Kalianget, Komando Distrik Militer 0827, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur melalui Babinsa Satuan Tugas Petani (Satgas Sergap) melakukan pengawalan terhadap penyerapan gabah dari Perum Bulog Subdivre Pamekasan, Selasa (27/9/2016).

“Kami sudah berkomitmen mendukung program ketahanan pangan secara struktural dari komando atas hingga babinsa, termasuk program serapan gabah atau beras Bulog,” kata Komandan Kodim 0827 Sumenep, Letkol Inf Budi Santosa S. Sos, di dampingi Danramil 02 Kalianget, Kapten Inf Taryono.

Dandim mengaku sudah mendapat instruksi dan petunjuk dari komando atas agar menyampaikan kepada seluruh Danramil dan Babinsa di jajaran untuk mengajak kelompok tani dan pengusaha atau pedagang gabah di seluruh wilayah jajaran untuk menyalurkan dan menjual gabah kepada Bulog.

“Dengan demikian, tata kelola beras dan gabah dapat kita pantau dengan baik, termasuk angka produksi di wilayah Kecamatan Kalianget, sehingga nantinya dapat kita kalkulasi dengan tepat berapa produksi padi dan serapan gabah ke Bulog,” tuturnya.

Selama ini, lanjutnya, hasil panen petani khususnya di wilayah Desa Kalimook Kecamatan Kalianget dibeli oleh pedagang dan tengkulak kemudian dipasarkan ke kabupaten lain. Dengan adanya serapan gabah dari Bulog itu, masalah tersebut bisa dikurangi guna memperbaiki tata kelola menjadi jelas dan teratur.

“Kodim, Koramil dan Babinsa akan mengoptimalkan serapan gabah atau beras untuk mewujudkan program ketahanan pangan dan swasembada beras yang dicanangkan pemerintah, terutama di Kabupaten Sumenep,” ujarnya.

Kedepan, jelasnya, Satgas Sergap Kodim 0827 Sumenep, , UPT Kalianget, Gakpoktan Kecamatan Kalianget akan terus mengajak  petani untuk menjual gabahnya kepada Bulog.

“Kedepan kami akan mengajak petani agar menjual hasil panen ke Bulog, bukan pada tengkulak,” ajaknya.

Dari hasil pengumpulan gabah  yang dilaksanakan tim Sergab, Babinsa dan UPT dan pelaksanaan Test yang di lakukan oleh pihak Bulog Pamekasan, di wilayah Kalimook Kecamatan Kalianget sudah memenuhi standrad Bulog dengan kadar air 11 % dan kadar kotoran 2 % sebanyak 6.569 Kg.

Dan kadar air 11,2 % dan Kadar Kotoran 2,2 % sebanyak 5,220 Kg. Total gabah yang terserap sebanyak 11.779 Kg. Hasil tersebut langsung diarahkan ke Gudang Bulog Drive Pamekasan dengan pengawalan Babinsa. (arifin/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.