Sering Merasa Cemas Selama Hamil, Normalkah?

Avatar of PortalMadura.com
Sering Merasa Cemas Selama Hamil, Normalkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Masa menjadi masa yang sangat membahagiakan bagi maupun keluarga tercinta. Ada banyak hal perubahan yang akan terjadi selama mengandung, termasuk soal perasaan dari para calon ibu.

Selain perasaan bahagia, banyak wanita yang mengandung merasakan kecemasan dan kekhawatiran yang bahkan membuatnya merasa stres.
Nah, apakah kecemasan yang dirasakan ini wajar atau normal adanya?.

Menurut Psikolog, Tiara Puspita, mengungkapkan bahwa, ini sangat wajar dialami terutama yang baru saja hamil untuk pertama kalinya.

Kecemasan biasanya terjadi di trimester pertama, karena ini adalah masa-masa penyesuaian ibu. Di tiga bulan pertama ada banyak perubahan terjadi. Perubahan-perubahan ini di antaranya adalah identitas baru sebagai ibu hamil, perubahan hormon, gejala kehamilan yang amat terasa.

Setelah itu kecemasan bisa timbul karena banyak sekali orang sekitar yang memberikan banyak saran terkait dengan kesehatan ibu dan juga bayi. Ibu hamil juga akan sering sekali cemas dengan kesehatan janin yang ada dalam perutnya. Semua hal ini nyatanya memang memengaruhi kondisi emosional ibu hamil.

Kecemasan ini memang normal adanya, namun kalau sudah berlebihan dan sampai mengganggu aktivitas sehari-hari ada baiknya ibu hamil ini berkonsultasi dengan ahli. Jadi, tetap jaga kesehatan ibu selama mengandung agar Anda dan janin tetap sehat sampai persalinan tiba. Semoga bermanfaat. (Vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.