PortalMadura.com

Sering Migrain ? Ini Cara Mencegahnya

  • Rabu, 13 Desember 2017 | 23:00
Sering Migrain ? Ini Cara Mencegahnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Migrain adalah nyeri kepala sedang hingga parah yang hanya mengenai sebelah sisi kepala saja. Namun, bila nyerinya sedang menyerang, tak bisa tertahankan. Parahnya, sakit kepala tersebut bahkan tidak mempan dihilangkan dengan obat.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menghadapi migrain adalah dengan mengidentifikasi pemicu terjadinya migrain. Dengan begitu, Anda bisa meminimalisasi peluang terkena migrain. Berikut tips mencegah migrain.

1. Hindari Suara Bising dan Sinar Terang

Suara bising, gemerlap lampu, dan cahaya yang terlalu terang merupakan pemicu umum terjadinya migrain. Termasuk berkendara pada malam hari, menonton bioskop, berada di klub malam, dan yang lainnya.

Dengan mengetahui kondisi tersebut sebagai pemicunya, pada situasi dan lingkungan tertentu bisa sangat membantu.

Istirahatkan mata Anda dari layar TV atau komputer, serta sesuaikan tingkat pencahayaan pada layar digital Anda.

2. Perhatikan Pilahan Makanan

Beberpa makanan dan minuman tertentu bisa memicu terjadinya migrain, seperti cokelat, anggur merah, daging olahan, pemanis, dan keju. Ketahui makanan dan zat aditif mana yang menyebabkan Anda terkena migrain dan hindarilah.

Makanan dan minuman yang mengandung kafein atau alkohol terutama anggur merah dan sampanye. Batasilah konsumsi makanan dan minuman pemicu migrain Anda.

3. Buatlah Catatan

Mencatat frekuensi dan waktu terjadinya migrain, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi pemicu migrain secara spesifik.

Catatlah hal-hal seperti apa yang Anda makan dan minum, jadwal dan rutinitas olahraga Anda, cuaca, perubahan suasana hati, obat-obatan yang Anda gunakan dan efek sampingnya.

Catat juga waktu dan intensitas sakit dari migrain Anda. Hal tersebut bisa membantu melihat pola terjadinya migrain, dengan begitu Anda bisa lebih mudah menghindarinya.

4. Perubahan Hormon

Hormon berperan penting dalam masalah migrain. Pada umumnya wanita cenderung mengalami migrain saat atau sebelum datangnya menstruasi.

Bagi wanita, Harus lebih berhati-hati dengan pola makan dan olahraga Anda pada kondisi ini. Sebab, ini akan berpengaruh besar untuk meredakan gejalanya sebelum terjadi.

5. Cuaca

Perubahan cuaca bisa berpengaruh pada pola migrain Anda, karena tingginya kelembapan dan suhu yang panas bisa menstimulasi sakit kepala, begitu juga dengan musim hujan. Jika cuacanya dirasa tidak nyaman untuk Anda, sebaiknya Anda tetap berada di dalam rumah.

6. Makan dan Tidur Teratur

Pola makan dan tidur teratur sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda termasuk untuk menghindari migrain. Karena kelaparan dan dehidrasi bisa menyebabkan migrain. Pastikan Anda mengisi perut ketika terbangun dari tidur, dan lakukan lagi setiap tiga atu empat jam kemudian.

Tidak hanya itu, kurang tidur juga dapat memicu terjadinya migrain. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, yaitu sekitar 7 hingga 8 jam. Namun, jangan berlebihan, karena hal tersebut juga bisa menimbulkan sakit kepala.

7. Hindari Stres

Stres memang sesuatu yang kadang sulit untuk kita dihindari, namun kita bisa mengendalikan reaksi kita. Tidak jarang migrain terjadi pada saat stres. Untuk menguranginya, cobalah praktekkan relaksasi sepertiyoga, meditasi yang bisa mengurangi tingkat stres.(liputan6.com/Nanik)

Loading...
Advertisement
banner300x250

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional