oleh

Si Kecil Suka Nonton Film Kartun ‘Toy Story 4’? Ternyata Ini 6 Manfaatnya

PortalMadura.Com – Hampir semua anak kecil suka film kartun. Apalagi saat ini, film kartun sangat banyak pilihannya. Seperti Aladdin, Doraemon, Ipin upin dan lain sebagainya. Selain bisa menjadi hiburan bagi si kecil, ternyata juga bermanfaat bagi tumbuh kembangnya.

Salah satu film kartun yang mempunyai banyak manfaat jika ditonton anak-anak yaitu ‘Toy Story 4’. Film kartun yang menceritakan kisah Woody dan teman-temannya ini masih akan dirilis tahun 2019, namun seri sebelumnya sudah tayang.

Lantas manfaat apa saja yang akan diperoleh anak jika menonton film kartun ‘Toy Story 4’ ini? Berikut penjelasannya:

Jadi Awal Belajar Anak
Menonton film kartun seperti ‘Toy Story 4’ dapat membantu anak mulai belajar lebih cepat. Pengaruh positif kartun juga membantu anak belajar bentuk, angka, dan warna. Tidak hanya itu, film kartun juga mengajarkan anak sesuatu dengan cara yang menyenangkan dan interaktif. Misalnya lewat gambar animasi dan beraneka warna yang menarik perhatian anak.

Melatih Kognitif
Menonton film kartun dapat membantu mengembangkan keterampilan kognitif anak seperti mengingat, memperhatikan, selektif terhadap sesuatu serta melatih logika dan penalaran.

Belajar Bahasa
Saat menonton film kartun, anak bisa mengembangkan bahasanya Bun. Melatih kemampuan berbahasa anak tidak hanya di sekolah atau tempat les. Sebab, anak juga bisa belajar bahasa dari menonton film kartun.

Melatih Kreativitas
Film kartun dapat membantu meningkatkan imajinasi dan kreativitas. Anak dapat mengembangkan ide-ide baru yang terinspirasi dari kartun yang dia tonton.

Meredakan Stres
Saat menonton film kartun, pasti anak akan terhibur dengan tingkah yang dilakukan oleh si tokoh dan anak pun tertawa dibuatnya. Seperti Anda tahu, tertawa yaitu pelepas stres yang baik dan membangun kepercayaan diri serta meningkatkan perasaan yang positif.

Mendapat Edukasi
Menonton kartun merupakan cara yang bagus untuk mengajari anak tentang adat istiadat, tradisi, sejarah dan mitologi. Menonton film kartun juga mengajari anak tentang kebersamaan dan kesetiaan dalam pertemanan seperti yang selama ini terhambat dalam film ‘Toy Story’.

Tetapi, Bun, saat anak menonton film kartun sebaiknya tetap didampingi ya supaya anak mendapatkan penjelasan dari orang tua mengenai alur cerita di film tersebut.

Jadi anak tidak mendeskripsikan film itu sendirian, termasuk saat anak nonton ‘Toy Story 4’ nanti Bun. Peran orang tua saat menemani anak tidak hanya menjelaskan alur cerita tetapi juga memberikan jawaban ketika anak bertanya di tengah-tengah film yang di tontonnya. (haibunda.com/Desy)