Si Kecil Susah Makan? Yuk, Lakukan Cara Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Si Kecil Susah Makan? Yuk, Lakukan Cara Ini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com susah makan merupakan permasalahan yang sering dikeluhkan , terutama para ibu. Berbagai cara sudah dilakukan, namun si kecil masih saja tidak mau.

Tapi tenang dulu Mam, Mungkin ada beberapa catatan penting yang terlewatkan oleh Anda saat memberi makan si kecil. Tips berikut mungkin dapat membantu Anda;

Jangan paksa anak! Kenali dulu apa penyebabnya

Terkadang terdapat beberapa alasan yang orang tua harus cermati sebelumnya jika mendapati pola makan anak yang salah. Apakah terdapat infeksi di salah satu organ tubuhnya atau si anak yang ingin terus bermain dengan temannya dan alasan-alasan lainnya. Pendekatan persusasif lebih disarankan ketimbang harus memaksa anak dan bersikap otoriter. Ketakutan anak terhadap orangtua dapat menjadi salah satu pemicu anak dalam menghindari waktu makan.

Ajak anak turut serta dalam pembuatan makanan

Selain dapat menghabiskan waktu bersama, melibatkan anak dalam memasak dapat menambah pengetahuan baru bagi si anak dan juga dapat menambah “nilai” makanan di mata anak. Tak perlu hal yang berat, cukup menyuruhnya untuk membantu mengambilkan buah atau sayur saja dijamin anak akan merasa senang dan merasa dilibatkan dalam pekerjaan Anda.

Kunjungi tempat-tempat terbuka sambil bermain dengan anak

Cukup berkeliling taman sambil bercengkrama bersama anak-anak lain dapat menjadi sarana baru bagi si kecil untuk menghabiskan makanannya. Tak melulu di rumah, anak pun butuh refreshing untuk sekedar melihat tumbuhan, hewan, ataupun berjumpa dengan anak anak seusia mereka di taman/sambil berkeliling di dekat rumah. Atau jika anda memiliki taman outdoor, bisa sambil bermain dengan anak sambil duduk di  outdoor cushion (bantalan untuk duduk) yang empuk. Momen yang menyenangkan untuk anak dapat menikmati makanan nya sambil bermain.

Variasikan makanan anak

Hal yang menurut saya terpenting. Bentuk visual adalah bentuk utama yang anak pertama kali lihat. Tampilan yang menarik dengan aksesoris yang unik kebanyakan membuat anak tertarik sehingga ingin mencicipi makanan tersebut. Selain sebagai wadah kreasi bagi para orangtua untuk mengaplikasikan idenya ke dalam masakan, hal ini juga dapat berpengaruh untuk menigkatkan nafsu makan si kecil dengan tampilan visual makanan yang cukup menarik.

Itulah beberapa cara yang langsung dapat Anda praktekkan di rumah masing-masing agar si kecil tak malas makan lagi. Tentunya berikan makanan yang bergizi tinggi sehingga dapat memenuhi asupan karbohidrat, protein, lemak, dan vitamin yang seimbang bagi buah hati. (sharingdisana.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.