Si Kecil yang Terbiasa Bantu Pekerjaan Rumah Lebih Sukses Saat Dewasa, Benarkah?

Avatar of PortalMadura.com
Si Kecil yang Terbiasa Bantu Pekerjaan Rumah Lebih Sukses Saat Dewasa, Benarkah?
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua tentu menginginkan buah hatinya tumbuh dengan baik dan dapat meraih kesuksesan di masa depan. Untuk itu, mereka memegang peranan penting dalam tumbuh kembang . Pasalnya, kesuksesan si kecil kelak berasal dari cara orang tua mendidik dan mengasuh anak.

Salah satu cara mengasuh anak yang dapat berpengaruh terhadap kesuksesannya, yaitu mengajak si kecil membantu melakukan . Hal ini memang tidak selalu mudah, apalagi jika hal itu sampai mengganggu aktivitas mainnya.

Akan tetapi, sebagai orang tua yang cerdas Anda harus mengajari anak-anak melakukan pekerjaan rumah seperti mencuci piring, mengangkat jemuran, atau menyapu lantai. Efek positifnya akan dirasakan anak saat mereka dewasa. Bukan hanya lebih mandiri, anak yang terbiasa membantu pekerjaan rumah cenderung akan lebih .

“Dengan melakukan pekerjaan rumah, mereka akan menyadari pentingnya bekerja untuk menjadi bagian dari kehidupan,” kata penulis buku How to Raise an Adult, Julie Lythcott-Haims.

Julie juga melakukan penelitian jangka panjang tentang pola asuh mengajak anak melakukan pekerjaan rumah.

“Jika anak tidak mencuci piring, itu berarti ada orang lain yang mengerjakannya. Ia bukan saja terbebas dari pekerjaan, tapi belajar memahami pekerjaan harus diselesaikan dan setiap orang bisa berkontribusi,” ujarnya.

Salin itu, menurut Julie, anak-anak yang terbiasa membantu pekerjaan rumah akan tumbuh menjadi karyawan yang lebih baik, punya kemampuan bekerja sama dengan koleganya, serta lebih empati kepada orang lain, dan bisa bekerja secara mandiri.

Maka dari itu, sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan anak melakukan pekerjaan rumah sejak dini. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.